Menteri PPPA RI Kagum Dengan Karya Foto Anak-Anak Kelas Jurnalis Cilik Kalibaru

Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengapresiasi hasil karya foto dari anak-anak Kelas Jurnalis Cilik

Jakarta, Dekannews- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengapresiasi hasil karya foto dari anak-anak Kelas Jurnalis Cilik yang menggambarkan aktivitas keseharian masyarakat Kalibaru. Hal itu diutarakannya saat berinteraksi dengan anak-anak Kelas Jurnalis Cilik di Plaza Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (13/7). 

"Kami melihat mereka ini adalah boleh dikatakan sebagai tambang-tambang emas, anak-anak ini merupakan masa depan bangsa yang mempunyai talenta luar biasa dan perlu digali dan dikembangkan," ungkap I Gusti Ayu Bintang Darmawati didampingi Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Juaini, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Provinsi DKI Jakarta, Rizky Hamid, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Abdul Khalit, Camat Cilincing, Anita Permata Sari, dan jajaran terkait. 

Ia juga menaruh harapan besar kepada anak-anak Kelas Jurnalis Cilik Kalibaru agar bisa segera naik kelas. "Mereka harus naik kelas kalau kami melihat karya-karya mereka itu sudah seperti bukan karya anak-anak lagi karena sudah ada edukasi dan pesan moral yang disampaikan dalam foto-foto mereka. Ini adalah potensi yang luar biasa," tegasnya. 

Untuk itu, diperlukan pendampingan dari semua pihak agar anak-anak tersebut bisa terus mengembangkan talenta yang dimiliki. "Ada diantara mereka jurnalis cilik ini dari anak-anak yang putus sekolah, kurang mampu tapi semangatnya luar biasa. Mereka itu adalah anak-anak kita semuanya artinya semua pemangku kepentingan pemerintah dari pusat dan daerah mempunyai kewajiban dalam pemenuhan hak maupun perlindungan kepada mereka. Komitmen ini yang harus dibangun bersama," ujarnya. 

Bentuk perhatian yang diberikan oleh pemerintah dan para pemangku kepentingan lainnya dapat menjadi semangat baru bagi anak-anak Kelas Jurnalis Cilik Kalibaru untuk terus menghasilkan karya terbaik. "Banyak ilmu dan pengalaman yang aku dapatkan selama belajar di Kelas Jurnalis Cilik. Sekarang aku sudah bisa motret pakai kamera DSLR, ketemu ibu menteri, dan pernah juga mendampingi ibu menteri berkegiatan di Bali," tutur peserta Kelas Jurnalis Cilik Angkatan I, Isna (14), warga Cilincing. 

Sejak tahun 2016, Isna resmi bergabung sebagai angkatan pertama di Kelas Jurnalis Cilik Kalibaru. "Tahun ini, Kelas Jurnalis Cilik sudah memasuki usia ke-6. Dari awal, aku memang suka memotret mulai dari pemandangan senja sampai tumbuhan. Pokoknya aku mau terus belajar di bidang fotografi," pungkas siswi kelas 8 MTS Al-Miftahiyyah Kalibaru. (Imas)