Memprihatinkan, Rumah Warga Kurang Mampu di Semper Barat Tak Layak Huni dan Nyaris Roboh

Rumah Maryanih Warga Semper Barat Nyaris Roboh

Jakarta, Dekannews - Rumah salah seorang warga di Jalan Tipar Timur RT 09/04 Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara sangat memprihatinkan. Pasalnya tempat tinggal Maryanih yang sudah berstatus janda sudah tak layak huni dan bahkan nyaris roboh.

Padahal sebagaimana merujuk Peraturan Menteri PUPR Nomor 17/PRT/M/2018 tentang Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya. Pada Pasal 1 dijelaskan bahwa BSPS adalah bantuan Pemerintah bagi MBR untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumah dan pembangunan baru rumah beserta prasarana, sarana, dan utilitas umum.

Melihat kondisi warganya Ketua RW 04 Semper Barat Kecamatan Cilincing Jakarta Utara Moch Roji mengungkapkan pihaknya sangat prihatin  Maryanih yang kondisi rumahnya sangat membutuhkan bantuan pemerintah dengan penerima bantuan bedah rumah.

"Kami dengan cepatnya membuat surat pengajuan ke Dinas terkait supaya rumah tempat tinggal Maryanih di tindaklanjuti sehingga rumah hunian ini nantinya layak sebagai tempat tinggal," ujar Moch Roji, Kamis (15/12).

Maryanih yang hidup serba kekurangan merupakan  tulang punggung dalam keluarga yang tidak mempunyai pekerjaan dan penghasilan tetap berdasarkan syarat dan kriteria layak mendapatkan bantuan Beda Rumah Tak Layak Huni (RTLH) dari Pemerintah. EDI