Masyarakat DKI Wajib Tahu, Begini Cara Urus Kependudukan Saat Masa PPKM Darurat

Foto Kantor Pelayanan Dukcapil Jakarta Utara

Jakarta, Dekannews - Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Utara memastikan tidak ada pelayanan secara langsung selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa dan Bali. 

Permohonan administrasi dan kependudukan (adminduk) hanya diberlakukan melalui sistem kotak pengendapan (drop box) dan aplikasi Alpukat Betawi.

Dari pantauan Dekannews di Kantor Dukcapil Jakarta Utara, Selasa 06 Juli 2021 tampak warga masih bingung lantaran belum mengetahui jika tidak ada pelayanan langsung. Namun dengan sigap petugas keamanan menjelaskan kepada warga yang akan melakukan pengajuan pelayanan kependudukan di Dukcapil Jakarta Utara.

Ditempat drop box juga telah disediakan nomor petugas pelayanan kependudukan serta syarat yang akan diajukan masyarakat. Selain itu masyarakat yang akan melakukan permohonan harus mencantumkan nama pemohon, nomor hanphone serta keperluan yanh diajukan.

Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Utara, Edwar menerangkan, permohonan administrasi dan kependudukan (adminduk) hanya diberlakukan melalui sistem kotak pengendapan (drop box) dan aplikasi Alpukat Betawi.

"Selama PPKM Darurat ini tidak ada pelayanan langsung. Hanya melalui drop box dan daring Alpukat Betawi," kata Edward kepada wartawan kemarin, Senin (05/07/2021).

Menurut Edwar, kebijakan ini berlaku di seluruh pelayanan Adminduk tingkat kota (suku dinas), kecamatan, hingga kelurahan. 

Edward menyatakan, masyarakat tak perlu khawatir soal pelayanan Adminduk selama PPKM Darurat ini, sebab seluruh petugas masih bekerja meskipun dari rumah. "Kami berlakukan wfh (work form home) 75 persen bagi petugas. 25 persen lainnya masih bertugas di kantor masing-masing dengan sistem piket," jelasnya.

Meski begitu, Edward memastikan pelayanan seperti perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektrik (KTP-El) dan perkawinan masih tetap dilakukan secara langsung. 

Namun, permohonan keduanya tetap dilakukan melalui drop box dan Alpukat Betawi. "Alpukat Betawi bisa diunduh di Play Store. Nanti di sana ada menu beragam permohonan Adminduk," pungkasnya. EDI