Masuk Final Euro 2020, Tim Italia Tumbangkan Spanyol 4:2

Euro 2020 Itali VS Spanyol-(Foto-bola.net/Int)

London, Dekannews-Melalui drama adu finalti, tim sepak bola Italia akhirnya berhasil mengalahkan Spanyol dengan kedudukan skor 4:2. Kemenangan ini sekaligus mengantarkan Italia berhasil mendapatkan satu tiket ke final Euro 2020.


Sebelumnya kedua tim bermain imbang 1-1 selama 120 menit. Dalam pertandingan kali ini di Wembley Stadium, London, Inggris, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB, baik Italia maupun Spanyol menurunkan pemain terbaiknya.

Tim Italia tetap memasang bek veteran Giogrio Chiellini. Sedangkan Spanyol memasang strategi formasi 4-3-3. Ferran Torres, Dani Olmo dan Mikel Oyarzabal dipasang sebagai penyerang di depan gawang lawan dan didukung tiga pemain gelandang gelandang Pedri Gonzalez, Sergio Busquets, dan Koke.

Pada menit ke 60 Italia berhasil mencetak 1 gol ke gawang Spanyol. Federico Chiesa berhasil melewati penjagaan bek Spanyol dan melakukan tendangan keras ke arah gawang. Akibatnya Unai Simon terpaksa harus memungut bola dari pojok kanan dalam gawangnya. 

Setelah tertinggal 0:1 dari Italia, pelatih Spanyol Luis Enrique melakukan pergantian pemain di menit ke 62. Ferran Torres diganti dengan Alvari Morata.


Strategi pergantian pemain ini berhasil. Pada menit ke 10 menjelang permainan berakhir, pemain Atletico Madrid itu sukses menciptakan gol balasan ke gawang Italia lewat penampilannya  yang piawai di area kotak penalti.

Setelah bermain imbang 1:1 dalam waktu 90 menit, kedua tim tetap tak berhasil mencetak gol dalam pertandingan lanjutan pertambahan waktu. 

Ketika adu penalti berjalan, baik tim Italia maupun Spanyol, Manuel Locatelli dan Dani Olmi  masing-masing dari mereka kegagalan mengeksekusi gol ke gawang lawan. 

Eksekutor pemain Spanyol Morata mengalami nasib sial karena sepakannya bisa diblok penjaga gawan Itali Gianluigi Donnarumma. Komdisi ini dimampatkan eksekutor terakhir Italia, Jorginho, ia berhasil mencetak gol finalti  dengan baik dan mengantarkan tim Italia ke final Euro 2020.

Pada final nanti, Italia akan menghadapi pemenang pertandingan antara Denmark melawan  Inggris, yang akan diselenggarakan di Wembley pada Kamis (8/7/2021) dini hari WIB.(nto)