Kwarcab Pramuka Jakarta Utara Selenggarakan Raimuna Award 2022

Raimuna Award 2022 Kwarcab Pramuka Jakarta Utara

Jakarta, Dekannews - Kwarcab Gerakan Pramuka Jakarta Utara menyelenggarakan Raimuna Award 2022 pada 23 November 2022.  Pagelaran ini diikuti oleh 6 Kwartir Ranting di wilayah Jakarta Utara pada tanggal 9-11 September 2022.

Raimuna merupakan pesta pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka, dimana dalam pelaksanaannya dilakukan dari Tingkat Nasional sampai Tingkat Ranting.

"Raimuna Ranting Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Jakarta Utara tahun 2022 telah sukses dilaksanakan oleh 6 Kwartir Ranting di wilayah Jakarta Utara pada tanggal 9-11 September 2022," terang Ketua Kwarcab Pramuka Jakarta Utara Budi Sulistiono, Minggu (25/9).

Budi mengatakan, Raimuna Award merupakan bentuk apresiasi terhadap Kwartir Pramuka di Kecamatan masing-masing. "Bukan tentang kemenangan tapi tentang pengalaman, bukan tentang juara tapi tentang kerja keras yang kita apresiasi di Raimuna Award ini," imbuhnya.

Berkenaan dengan kegiatan tersebut, Gugus Darma Sewagati Adika sebagai satuan organisasi anggota dewasa Gerakan Pramuka di Jakarta Utara, memandang perlu untuk mengadakan kegiatan apresiasi atau penghargaan dalam bentuk “Raimuna Ranting Award 2022”.

Sekertaris Gugus Darma Sewagati Tatiek Nurhayatiningsih menjelaskan, tujuan dari kegiatan “Raimuna Ranting Award 2022” adalah memberikan apresiasi / penghargaan kepada adik-adik dan kakak-kakak dalam hal ini DKR dan Kwartir Ranting yang telah mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan Raimuna Kwartir Ranting Jakarta Utara dengan baik dan sukses. 

"Dengan diselenggarakannya “Raimuna Ranting Award 2022” diharapkan dapat terus meningkatkan motivasi dalam membangun kegiatan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Jakarta Utara serta menumbuhkan suatu hubungan yang positif antara Kwartir Ranting dengan pengurus Gusma Sewagati Adika," terangnya.

Adapun Katagori/Prestasi dari Raimuna Ranting Award 2022 yakni, Kwaran Inovatif, Kwaran Kreatif, Kwaran Sinergitas & Kooperatif, Kwaran Trampil & Dedikasi. "Peringkat prestasi kami tentukan  sebagai Prestasi Ketiga, Prestasi Kedua, Prestasi Pertama  serta Kwaran Terbaik Jakarta Utara," imbuh Tatiek.

Pemilihan dari katagori-katagori tersebut adalah suatu bentuk capaian yang 
dibutuhkan dalam suatu organisasi termasuk dalam organisasi Gerakan Pramuka Kwartir, Ranting untuk menjadi organisasi yang baik, ideal, terkendali dan terorganisir.    

Sistim penilaian Raimuna Award 2022 bersifat obyektif berdasarkan hasil penilaian dari tim yang telah mempunyai pengalaman dalam kegiatan kepramukaan dan tidak dengan maksud menjatuhkan kwaran satu dengan kwaran yang lainnya. Penilaian ini menjadi bentuk kebanggaan bersama kegiatan Raimuna di wilayah Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Jakarta Utara dalam membangun Gerakan Pramuka.

Dengan adanya support dana Pembinaan dari Kwartir Daerah DKI Jakarta dan Apresiasi dari Gugus Darma Sewagati Adika dalam bentuk Raimuna Ranting Award 2022 diharapkan kegiatan Raimuna Kwartir Ranting di Jakarta Utara akan dapat menghasilkan pemimpin bangsa dari Pramuka Penegak dan Pandega yang terampil, berkarakter dan berbudaya.

"Semoga Raimuna Ranting Award ini menjadi program yang dapat dijalani dan terus dipertahankan untuk menjaga perbaikan yang terus-menerus serta menumbuhkan motivasi tinggi dalam Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Jakarta Utara," pungkasnya. EDI