KPK Bawa Eks Panglima GAM Izil Azhar Ke Jakarta

Gedung KPK (IST)

Jakarta, Dekannews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan membawa buronan Izil Azhar ke markas KPK, Jakarta, Rabu (25/1).

Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu ditangkap di wilayah Banda Aceh, pada Selasa (24/1).

Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, pihaknya telah memeriksa kesehatan Izil Azhar sebelum dibawa ke Jakarta.

“Iya kemarin sudah dilakukan pemeriksaan cek kesehatan dan lainnya. Hari ini dijadwalkan di bawa ke Jakarta,” kata Ali dalam keterangannya Rabu (25/1).

Sebelumnya diberitakan KPK menangkap Izil Azhar, buronan kasus dugaan gratifikasi terkait proyek pembangunan Dermaga Bongkar pada Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang tahun anggaran 2006-2011.

Orang kepercayaan mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf itu telah menjadi buronan sejak November 2018. Koordinasi antara tim KPK dan Polda Banda NAD sudah dilakukan sejak Desember 2022. Izil Azhar ditangkap KPK di sekitar Banda Aceh.

Dalam kasus ini, Irwandi Yusuf selaku Gubernur Aceh 2007-2012 dan orang kepercayaannya Izil Azhar diduga menerima gratifikasi sekitar Rp 32,45 miliar terkait proyek pembangunan Dermaga Bongkar pada Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang tahun anggaran 2006-2011. RED