Korda BEM Nusantara Jatim Imbau Masyarakat Hormati Hasil Pemilu 2024

Koordinator Daerah (Korda) BEM Nusantara Jawa Timur Elang Bagus Dwi Tunggal

Dekannews - Koordinator Daerah (Korda) BEM Nusantara Jawa Timur Elang Bagus Dwi Tunggal mengatakan, antusiasme masyarakat dari seluruh elemen sangat tinggi dalam pesta demokrasi 2024. Dia meminta semua pihak menerima hasil Pemilu dengan lapang dada. Sebab, itu merupakan suara rakyat.

Menurut Elang Bagus Dwi Tunggal, siapapun yang memenangkan kontestasi dalam Pemilu 2024, mereka adalah putra-putra terbaik bangsa. Siapa pun pemimpin yang terpilih nanti diharapkan mampu membawa suasana damai untuk Indonesia serta mampu untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045.

Korda BEM Nusantara Jatim, lanjut dia, juga turut menyampaikan apresiasi kinerja kepada TNI-Polri, penyelenggara Pemilu 2024, bersama seluruh masyarakat yang telah mengamankan Pemilu. Sehingga, pesta demokrasi rakyat berjalan jujur, adil, aman, dan damai.

Elang Bagus Dwi Tunggal menghimbau elite politik dapat menunjukkan sikap kesatria dan menunjukkan keteladanan dalam berdemokrasi. Yakni dengan tidak mendelegitimasi hasil Pemilu dan tidak melakukan provokasi terhadap rakyat dan untuk bertindak melawan hukum.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD Kabupaten/Kota. Tercatat Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional dan 6 partai politik lokal Aceh. Terdapat tiga pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden yakni Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud MD. (tfk)