Jupiter Anggota DPRD DKI Terima Penghargaan Jakarta Youth Award 2021

Anggota DPRD DKI Terima Penghargaan Youth Award 2021

Jakarta, Dekannews - Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Pemuda Jakarta memberikan penghargaan ‘Jakarta Youth Award 2021’ kepada 10 tokoh publik yang ada di DKI Jakarta dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93.

Salah satu penerima penghargaan tersebut yakni Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Fraksi Nasdem Ahmad Lukman Jupiter sebagai Tokoh Pemuda Inspiratif. Ahmad Lukman Jupiter mengapresiasi setingi tingginya atas ajang yang diselenggarakan oleh Jakarta Youth Award. Ia mengaku penghargaan itu sebagai motivasi untuk lebih baik lagi bekerja buat masyarakat. 

"Saya bersyukur dan terima kasih atas segala penilaian nya sehingga mendapatkan penghargaan pada tahun 2021 dari Jakarta Youth Award, penghargaan ini merupakan Motivasi serta menginspirasi untuk anak bangsa dan telah menyebarkan keteladanan dan menginspirasi banyak orang untuk memajukan Ibu kota ini lewat berbagai bidang pengabdian," terang Jupiter di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (28/10/2021). 

"Penghargaan ini semakin menginspirasi sekaligus memotivasi untuk berperan aktif memberikan kontribusi yang terbaik dalam memajukan dan membangun Kota Jakarta, terutama terkait tugas pelayan publik  yang diemban sebagai wakil rakyat, dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat DKI jakarta," imbuhnya. 

Sedangkan Ketua Tim Seleksi Jakarta Youth Award 2021, Dr. Rahmatullah, M.SI mengatakan, Anugerah Jakarta Youth Award ini sudah digelar sejak 2010 silam. Sebanyak sepuluh tokoh menerima penghargaan pada tahun ini. 

Kesepuluh tokoh yang menerima penghargaan tersebut adalah Ahmad Lukman Jupiter (Anggota DPRD DKI Komisi A) David Darmawan Enterpreneur Muda Jakarta) Dr. Didi Suprijadi (Ketua Dewan Pembina FPTHSI) Herry Dzufraini (Corsec Bank DKI) Drs. H. Isnawa Adji, M.AP (Wakil Walikota Jakarta Selatan). 

Kemudian, ada Leius Sungkharisma (Tokoh Masyarakat) M. Sidik Dahlan (Ketua Dewan Kota Jakarta Utara) Naura Rahmadija (Atlet DKI Jakarta Peraih 5 Emas PON XX Papua) Raden Umar, M.Pd (Komandan Resimen Mahasiswa Jayakarta) Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni, SH, MH (Ketua Komite III DPD RI) 

"Mereka mendapatkan penghargaan ini karena dinilai berkontribusi besar terhadap pembangunan dan kemajuan DKI Jakarta sesuai bidang yang ditekuni dan memiliki prestasi cukup tinggi," jelas Rahmatullah.

Lebih lanjut, Rahmatullah menjelaskan dalam pengahargaan ini pihaknya menggunakan beberapa indikator penilaian, di antaranya meliputi komitmen terhadap profesi yang digeluti, konsisten dalam membangun Jakarta sesuai dengan bidang keahliannya serta konsekuen memegang amanah dengan penuh tanggung jawab dalam pekerjaan/profesinya.

"Kemudian mereka juga memiliki peran sentral didalam menguatkan semangat kebangsaan dan menguatkan persatuan dalam membangun DKI Jakarta. Kami menggunakan alat ukur meliputi, survei secara langsung dengan warga dan aktivis, review data (jejak digital) termasuk pemberitaan positif, serta focus group discussion termasuk pemberitaan di media massa tokoh-tokoh itu," jelasnya lagi. 

Proses seleksi, kata dia, dilakukan dengan cara melakukan kajian dan verifikasi selama enam bulan terakhir terhitung sejak bulan Mei-Oktober 2021 lalu.

Dijelaskan Rahmatullah, melalui penghargaan ini, pihaknya ingin memberikan sebuah apresiasi kepada para tokoh yang memiliki peran penting dalam menguatkan semangat kebangsaan dan menguatkan persatuan serta memiliki keteguhan, dedikasi dan loyalitas dalam pekerjaan/profesinya dalam upanyanya membangun Ibu Kota.

"Kami juga berharap, ini sekaligus menjadi inspirasi dalam membangun motivasi para pemuda di Jakarta. Apalagi, pada tahun 2021 ini di masa Pandemi COVID-19 tokoh yang kami berikan anugerah memiliki peran yang penting dan tetap berkarya untuk membangun Jakarta serta terus mengabdi kepada kepentingan masyarakat," kata Rahmatullah.

Diketahui, sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Pemuda Jakarta menginisiasi anugerah Jakarta Youth Award 2020 ini, seperti Himpunan Masyarakat untuk Kemanusiaan dan Keadilan (HUMANIKA Jakarta), Koalisi Perkotaan Jakarta (Jakarta Urban Coalition), Jakarta Public Service (JPS), Komunitas Peduli Pendidikan Jakarta (KPPJ), Jakarta Monitoring Networking (JMN), Masyarakat Pemantau Olahraga Jakarta (MPOJ), Lembaga Pengembangan Peran Serta Masyarakat (LP2SM) dan Lembaga Pemantau Jakarta (LPJ). EDI