Indonesia Siap Kirim Logistik Kesehatan 6,8 Ton Ke Turki

Ilustrasi Logistik Kesehatan (Ist)

Jakarta, Dekannews - Pemerintah Indonesia melalui Emergency Medical Team (EMT) dari Kementerian Kesehatan siap mengirimkan sebanyak 6,8 ton logistik kesehatan ke Turki.

Bantuan bakal diturunkan untuk membantu menangani korban di wilayah bencana yang ada di bawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Kemenkes akan berangkatkan 6,8 ton logistik kesehatan yang akan dikirimkan sesuai perencanaan prosedur medik yang telah direncanakan minggu pertama dan kedua,” terang Wamenkes Dante Saksono, Kamis (9/2).

Menurut Dante, EMT dikirim untuk membantu korban gempa Turki dalam beberapa tahap.

“Minggu pertama, layanan yang paling penting adalah gawat darurat dan prosedur bedah. Karena korban gempa banyak yang patah tulang dan perlu dioperasi karena luka,” tuturnya.

Selanjutnya, minggu kedua, EMT akan menangani penyakit menular dan penyakit kronik yang berkaitan dengan situasi tempat pengungsian yang tidak higienis.

Sedangkan, sampai sekarang dilaporkan lebih dari 11 ribu jiwa meninggal akibat gempa besar dengan kekuatan M7,8 di Turki dan Suriah pada 6 Februari 2023 dini hari. RED