Hari Santri dimata Ketua Perhimpunan Alumni Jerman, Osco Olfriady Letunggamu

Peringatan hari santri nasional di kelurahan Sunter Jaya, Jakarta Utara

Dekannews - Hari Santri Nasional diperingati di kelurahan Sunter Jaya, Jakarta Utara ,Minggu ( 22/10) yang di hadiri oleh Lurah Sunter Jaya Eka Persilian Yeluma, Camat Tanjung Priuk Hermawan, dan ketua DMI Sunter Jaya H.Suwardi serta para pengurus GP Ansor Jakarta Utara juga dihadiri oleh ketua Umum Perhimpunan Alumni Jerman (2017-2020) Osco Olfriady Letunggamu yang selalu peduli dengan kegiatan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, awak media  mencoba meminta komentar bang Osco panggilan akrab Osco Olfriady Letunggamu. Tentang hari Santri Nasional yang diadakan di kelurahan Sunter Jaya Menurutnya, " Saya melihat ada beberapa atraksi silat, kemudian diawali  dengan upacara dulu, kemudian ada traksi kebudayaan dan jalan bareng bersama satri didaerah Sunter Jaya. Para santri ini punya semangat yang luar biasa mereka baris berbaris yang sangat disiplin. Mereka juga menaikan bendera dengan leluasa dengan tepat tanpa terbalik. Artinya di pondok pesantren hampir sama juga disekolah- sekolah biasa dilaksanakan upacara bendera." kata bang Osco mengawali perbincangan dengan  awak media. 

Masih menurutnya, " Saya rasa sangat penting sekali,  kita tahu bahwa sejarah ulama dan santri dari pesantren memiliki peran dalam mengisi kemerdekaan bangsa ini kita lihat dalam prosesi-prosesi tersebut dilaksanakan dengan adat dan kebiasaan para santri."  Tutur Osco  tokoh muda yg berasal dari Tanjung Priok.

Sebagai  putra kelahiran kelurahan Warakas selepas pendidikan di Jerman  beliau pulang ke Indonesia untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat di Jerman. 

" Jadi seperti yang kita ketahui  sejarah kyai  dan santri dari pondok pesantren memiliki pernanan penting dalam mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia, " tuturnya lagi.

Harus dipahami setiap perjuangan para ulama dan santri dalam memperjuangkan  kenerdekaan bangsa indonesia harus kita teladani, " kata Osco 

Salah satu perjuangan dalam kemerdekaan ini harus kita kenang, karena berkat perjuangan ulama dan santri negara kesatuan repulik ini terbentuk," ungkap Osco

Diharapkan dengan Hari Santri Nasional ini generasi muda dapat melanjutkan sesuatu yang sudah dibangun ," harap Osco. (tfk)