Harapan Partai Politik untuk Pemilu 2024

Ilustrasi - Pemilihan Umum serentak tahun 2024.

Jakarta, Dekannews - Pemungutan suara Pemilu 2024 tak sampai setahun lagi. Sejumlah harapan dari partai politik tentang pemilu yang jujur dan adil terus berdatangan.

Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Al Habsyi meyakini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat bekerja secara maksimal dalam menyelenggarakan Pemilu 2024 mendatang.

Ia menyebut pentingnya menyelenggarakan pemilihan yang jujur akan menjaga kualitas demokrasi di Indonesia agar semakin baik.

Perlu ada komitmen bersama untuk penyelenggaraan pemilu yang jujur, adil dan bersih.

"Hal ini sangat penting untuk menjaga kualitas demokrasi yang ada di Indonesia. Selain itu, ini adalah basis legitimasi dari rakyat," tutur Aboe di Jakarta, Selasa (15/2).

Anggota Komisi III DPR RI itu juga menyebut, perlu menjaga suasana agar tetap kondusif dan terjaminnya hak konstitusional rakyat dalam memilih.

"Kita bersama memiliki komitmen untuk menjaga suasana yang kondusif. Jadi mari kita sajikan pemilu yang bisa menjadi pesta rakyat, semua harus senang dengan pesta rakyat ini," kata dia.

Anggota Komisi III DPR ini menuturkan, harus ada jaminan bahwa seluruh warga Indonesia dapat menggunakan haknya sesuai konstitusi.

"Biarkan mereka bisa menyalurkan aspirasi sesuai aturan yang ada," pungkas Aboe.

Sementara itu, Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono berharap agar Pemilu 2024 dapat melahirkan hasil demokrasi yang kelak bisa dinikmati seluruh warga Indonesia.

Menurut dia, pemilu yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali merupakan hasil aspirasi rakyat yang harus diperjuangkan. Sehingga melahirkan hasil demokrasi yang kelak bisa dinikmati seluruh warga Indonesia.

"Karena tiap lima tahun memiliki makna, rakyat pun menilai aspirasi yang dititipkan baik ke eksekutif maupun legislatif,” ungkapnya.

Mardiono yang juga Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan ini mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

"Dan kami berharap Pemilu 2024 sesuai tema yaitu pemilu sebagai sarana integritas bangsa,” ujar dia. RED