Genjot Kunjungan Wisatawan, Disparbud Gelar Event Sepanjang Tahun

Suasana Jakarnaval 2013. (Foto: Kompas)


Jakarta, Dekannews- Pemprov DKI Jakarta cq Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) sepanjang tahun ini akan menggelar Festival Seni Budaya demi meningkatkan angka kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

"Langkah ini dilakukan sesuai amanat Pergub Nomor 18 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Festival Seni Budaya Sepanjang Tahun (FSBST)," kata Kepala Disparbud Edy Junaedi melalui siaran pers, Jumat (22/3/2019).

FSBST merupakan rangkaian festival atau pertunjukan seni budaya yang menyajikan berbagai bentuk karya seni dan budaya berskala lokal, nasional maupun internasional dengan kekhasan masing-masing.

Disparbud meyakini, penyelenggaraan FSBST dapat memberikan pengaruh positif bagi pariwisata di Jakarta, baik untuk pelestarian dan pengembangan seni budaya, peningkatan ekonomi masyarakat, meningkatkan kunjungan wisatawan, dan menjadi ajang promosi investasi.

Pertunjukan seni budaya yang akan ditampilkan dalam FSBST meliputi festival religi, pertunjukan seni budaya, festival-festival dalam rangka HUT Jakarta sebagai implementasi Pergub Nomor 18 Tahun 2019, dan berbagai event atau festival lain seperti Festival Pecinan yang diselenggarakan Disparbud pada Februari 2019 lalu, Pekan Raya Jakarta, Jakarnaval, Jakarta Fashion and Food Festival, Jakarta Great Sale, We The Fest, Inacraft, dan International Indonesia Motor Show.

Di penghujung 2019, FSBST ditutup dengan Festival Big Bang.

Disparbud mencatat, pada 2018 pihaknya menyelenggarakan 528 event, melonjak lebih
dari 200% dibanding pada 2017 yang hanya 167 event.

"Tahun ini, dengan adanya Pergub Nomor 18 Tahun
2019, diharapkan jumlah event yang diselenggarakan bisa bertambah 20%, sehingga kita proyeksikan tahun ini kita menyelenggarakan 600 event," imbuh Edy.

Ia berharap dengan FSBST, Jakarta dapat menjadi destinasi wisata yang dapat menarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara, sehingga target kunjungan wisatawan nusantara sebanyak 38 juta dan wisatawan mancanegara sebanyak 2,9 Juta dapat tercapai. (rhm)