Dubes Roem Kono Bertemu Menlu Bosnia

Dubes Roem Kono-(Foto-Ist)

Jakarta,Dekannews-Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia (LBBP RI) Bosnia  dan Herzegovina (BiH) Roem Kono, melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Bosnia dan Herzegovina Bisera Turkovic di kantor Menteri Luar  Negeri Bosnia dan Herzegovina, kemarin. 

Dubes Roem Kono menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo dan Ibu Menlu Retno Marsudi. Dalam pertemuan yang berlangsung bersahabat tersebut dibahas upaya terkait peningkatan hubungan bilateral kedua negara, termasuk keinginan Indonesia agar BiH dapat memberikan bebas visa kunjungan singkat bagi pemegang paspor Indonesia dan rencana kegiatan Forum Konsultasi  Bilateral Indonesia – BiH yang dijadwalkan pada bulan Oktober 2021 dengan pihak BiH sebagai tuan rumah.
 
“Rejim Bebas Visa bagi pemegang paspor biasa Indonesia diharapkan dapat diberikan untuk mendorong peningkatan kerja sama perdagangan, pariwisata, investasi, dan konektivitas hubungan people to people kedua negara," jelas Dubes Roem Kono kepada Menlu Bisera Turkovic. 

Roem Kono juga menyampaikan bahwa KBRI Sarajevo telah mengupayakan peningkatan kerja sama ekonomi kedua negara dengan mengadakan  kegiatan Virtual Business Matching Indonesia – BiH bekerja sama dengan Kamar Dagang BiH pada tanggal 25 Maret 2021 lalu. Mempertimbangkan situasi pandemi Covid 19, maka format kegiatan disesuaikan dengan pertemuan secara virtual. Pertemuan yang melibatkan 138 peserta dari Indonesia dan Bosnia Herzegovina tersebut telah melakukan kontak langsung dan komitmen positif antara pengusaha kedua negara. 

Di samping itu, Roem Kono juga menyampaikan harapannya ke depan pemimipin Indonesia, Bapak Presiden Jokowi Widodo, dapat berkunjung ke Sarajevo dan sebaliknya Ketua Presidensi serta seluruh anggota juga dapat bersama-sama mengunjungi Jakarta. “Ini suatu mimpi saya dalam mempererat persaudaraan antara Indonesia dan BiH di masa datang," katanya. 

Sedangkan, dalam rangka penguatan kerja sama parlemen, Dubes Roem Kono juga menyampaikan rencana kunjungan anggota parlemen dari Indonesia dan kunjungan pertama dari (BKSAP) pada tanggal 16 – 22 Mei 2021 mendatang. Delegasi berharap dapat bertemu dengan counterpart Parlemen Bosnia dan Herzegovina serta pejabat pemerintah setingkat menteri BiH. 

Menanggapi hal yang disampaikan oleh Dubes Roem Kono, Menlu Bisera Turkovic mengapresiasi upaya peningkatan hubungan antar kedua negara yang telah  dilakukan oleh Dubes Indonesia di Bosnia dan Herzegovina, khususnya di bidang  ekonomi dan kerja sama parlemen. 

Namun demikian bahwa situasi memang tidak mudah bagi Bosnia dan Herzegovina dalam situasi pandemi Covid 19 yang menghambat hubungan kedua negara, dan seluruh dunia pada umumnya. 

Bosnia dan Herzegovina mengalami kesulitan dalam pengadaan dosis vaksin virus Covid-19, meski telah mengikuti mekanisme pengadaan global melalui COVAX maupun regional melalui Uni Eropa. Untuk itu, Menlu Bisera Turkovic menyampaikan harapan sekiranya Indonesia dapat membantu mengupayakan pengadaan vaksin untuk BiH dalam waktu yang tidak terlalu lama. Permintaan yang  sama juga telah disampaikan kepada negara-negara sahabat BiH lainnya. Pihak BiH tidak berkeberatan melakukan pembelian atas dosis vaksin tersebut sepanjang pengirimannya dapat segera dilakukan. (ak)