Di Stasiun Senen Lepas Keberangkatan Mudik Gratis dengan Kereta, Ganjar Sekalian Ikut Mudik

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (ist)

Jakarta,Dekannews- Ada yang menarik saat acara pelepasan mudik gratis dengan menggunakan kereta di Stasiun Senen, yang digelar Pemprov Jawa Tengah pada Jumat (29/4) pagi tadi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang melepas keberangkatan pemudik menuju Jawa Tengah, ikutan mudik bersama pemudik lainnya dengan menumpangi KA Tawang Jaya Premium tujuan Semarang.

Ketika ditanya wartawan alasan ikutan naik kereta, dengan gaya khasnya ia bertanya balik. "Hari ini saya ikut pulang, kalau enggak saya pulangnya naik apa? Jadi saya hari ini ikut pulang naik kereta bersama warga, kalau saya hitung tadi, kurang lebih nanti jam 2 (siang) lebih dikit kira-kira kita akan sampai di Semarang,"jelas Ganjar.

Dalam kegiatan tersebut, Ganjar sempat bertegur sapa dengan sejumlah penumpang sebelum kereta berangkat. Ia bertanya kepada para pemudik mengenai kampung halaman masing-masing, ada yang di Tegal, Pekalongan, dan Larangan.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, mudik menggunakan kereta jauh lebih aman dan nyaman karena tidak perlu terjebak macet atau mengantre di pintu-pintu tol.

"Saya punya pengalaman bersama istri waktu itu juga pulang mudik seperti ini, ternyata suasana jauh lebih meriah di kereta karena semua bisa jalan sepanjang gerbong itu dan kita bisa berkomunikasi, ketawa-ketiwi dengan warga yang ada di sana di kereta itu," kata Ganjar.

Selain menggunakan kereta, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama Bank Jateng juga memberangkatkan pemudik tujuan Jawa Tengah menggunakan bus dari Taman Mini Indonesia Indah.

Dalam kegiatan yang digelar, total ada sekitar 6.000 pemudik yang diberangkatkan menuju Jawa Tengah menggunakan 126 bus dan 4 gerbong kereta.

Sementara itu Ka Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunnisa mengatakan, pihaknya siap mengawal seluruh program kegiatan mudik gratis yang dilakukan oleh sejumlah instansi dengan menggunakan kereta api. (tfk)