Dapat Suntikan PMD Rp 324,6 Miliar, Begini Kata Dirut PAM Jaya

Direktur utama PAM JAYA Arif Nasrudin. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menyepakati usulan penyertaan modal daerah (PMD) Perumda PAM Jaya. PMD untuk BUMD yang bergerak di bidang pelayanan air bersih itu disepakati dengan nilai total mencapai Rp 324,6 miliar.

Direktur Utama Perumda PAM Jaya, Arif Nasrudin mengapresiasi kebijakan Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi yang juga Ketua Banggar (Badan Anggaran) lantaran menyetujui PMD untuk PAM Jaya sesuai usulan.

“PMD kami sesuai usulan disetujui Rp 324,6 miliar. Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih, khususnya kepada Pak Prasetio Edi Marsudi selaku Ketua DPRD DKI Jakarta. Lagi-lagi saya melihat kepiawaian Pak Pras untuk mengonsolidasikan ini semua,” ujarnya, saat menutup Media Gathering Perumda PAM Jaya dengan Balkoters, Jumat (25/11) siang.

Arif menjelaskan, Perumda PAM Jaya berkomitmen untuk menggunakan PMD ini dengan sebaik-baiknya, termasuk untuk melakukan tahapan-tahapan mewujudkan kedaulatan air di Jakarta dengan cakupan 100 persen di tahun 2030.

PMD ini harus terserap atau bisa digunakan dalam waktu satu tahun. Untuk itu, kami akan bekerja ekstra keras menjawab kepercayaan yang diberikan,” terangnya.

Menurutnya, PMD senilai Rp 324,6 miliar akan digunakan untuk Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ciliwung Tahap II; Pemasangan Sambungan Baru Pelanggan Jatiluhur Karian Tahap I; serta Studi dan Program Penurunan NRW Tahap I.

“PMD ini juga akan kita gunakan untuk Optimalisasi IPA SWRO Kepulauan Seribu, Pembangunan Kios Air dan Pembelian Mobil Tangki Tahap 3, Pelayanan Air Bersih di Kampung Prioritas Tahap 2, serta Pembangunan Sentra Pelayanan,” ungkapnya.

Arif menuturkan, Perumda PAM Jaya akan menjadi perusahaan yang cukup besar karena akan ada banyak pekerjaan yang dilakukan untuk memberikan layanan air bersih/minum di Jakarta hingga cakupan 100 persen.

 demikian, seluruh jajaran Perumda PSM Jaya sudah diingatkan untuk tidak berorientasi profit semata, tapi juga sosial.

"Air ini harus bisa diakses oleh seluruh masyarakat Jakarta karena menjadi kebutuhan yang sangat penting,” bebernya.

Ia menambahkan, Perumda PAM Jaya sangat terbuka atas adanya kritik dan masukan dari insan media. Pasalnya, pelaksanaan program kerja juga perlu termonitor oleh masyarakat dan salah satu wadahnya adalah media.

“Kami ingin kerja kami semakin terukur karena yang mengawasi bukan hanya dari manajemen atau dewan pengawas, tapi kami juga masyarakat. Saya berharap media bisa menjadi refleksi atau mirroring yang sudah dilakukan atau dikerjakan,” tandasnya.

Untuk diketahui, berikut rincian besaran PMD Perumda PAM Jaya.

1. Pembangunan SPAM Ciliwung Tahap II, Rp 85 miliar.

2. Pemasangan Sambungan Baru Pelanggan Jatiluhur Karian Tahap I, Rp 75,6 miliar.

3. Studi dan Program Penurunan NRW Tahap I, Rp 35 miliar.

4. Optimalisasi IPA SWRO Kepulauan Seribu, Rp 5 miliar.

5. Pembangunan Kios air dan Pembelian Mobil Tangki Tahap 3, Rp 10 miliar.

6. Pelayanan Air Bersih dan dan Kampung Prioritas Tahap II, Rp 14 miliar

7. Pembangunan Sentra Pelayanan, Rp 100 miliar. (Zat)