BNNK Jakut Tunjuk Kelurahan Ancol Jadi Pilot Project IBM

Warga Kelurahan Ancol Terima Sertifikat Dari BNNK Jakut

Jakarta, Dekannews - Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara menunjuk Kelurahan Ancol sebagai proyek percontohan (pilot project) dalam penerapan konsep Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) dalam program rehabilitasi penyalahgunaan narkotika.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara AKBP Bambang Yudistira mengungkapkan, kegiatan yang didukung PT Pelindo II ini merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan Kota Jakarta Utara bersih dari narkotika. Memberikan pembekalan bagi masyarakat agar dapat mengajak para pecandu narkotika menjalani program rehabilitasi secara gratis.

"Program ini salah satu upaya kami menggerakkan masyarakat untuk dapat menjangkau penyalahguna narkotika. Mereka memberikan pemahaman sekaligus mengajak penyalahguna mengikuti program rehabilitasi ringan," ungkapnya.

Sub Koordinator Seksi Rehabilitasi BNNK Jakarta Utara dr Novianti Purnamasari menjelaskan, Kelurahan Ancol dipilih sebagai proyek percontohan program rehabilitasi IBM lantaran sukses sebagai kelurahan bersinar dari Seksi Pemberdayaan dan Pencegahan (P2M) BNNK Jakarta Utara pada tahun sebelumnya.

Untuk tahun berikutnya, BNNK Jakarta Utara akan memilih Kelurahan Sunter Jaya sebagai kelurahan bersinar yang mana pelatihan sudah mulai diberikan kepada masyarakat petugas IBM.

"Ini semua merupakan awal ikhwal peran aktif masyarakat dalam program rehabilitasi penyalahgunaan narkotika. Jangan takut untuk direhabilitasi karena semua data klien kami rahasiakan," terang Novi.

Kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan ini digaungkan demi terwujudnya Kota Jakarta Utara yang bersih narkotika (Bersinar). EDI