Adies Kadir Dukung Komjen Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri

Wakil Ketua Komisi III DPR-RI-Ketua DPP Parai Golkar, Adies Kadir-(Foto-Ist)

Jakarta, Dekannews- Ketua DPP Partai Golkar sekaligus Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir mendukung Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri tunggal yang diusulkan Presiden Jokowi ke DPR. Golkar optimistis Komjen Listyo Sigit tidak akan mengalami kesulitan saat menjalani fit and propertest sebagai calon Kapolri.

"Seperti yang saya sampaikan, kelima nama calon Kapolri diusulkan oleh Kompolnas adalah putra-putra terbaik Polri. Jadi kalau Bapak Presiden memilih Pak Sigit, ya sudah sepantasnya usulan tersebut untuk kami dukung. Partai Golkar sebagai partai pendukung pemerintah mendukung semua kebijakan atau keputusan yang diambil oleh Presiden," katanya di Jakarta, kemarin. 

Adies menilai baik sosok Komjen Listyo Sigit sebagai calon Kapolri. Menurutnya, lulusan Akpol 1991 itu berintegritas, berpengalaman sehingga tak perlu diragukan lagi kemampuannya.

"Dan Pak Sigit sudah tidak diragukan lagi kemampuannya, baik dari segi integritas, kapabilitas, profesionalitas, loyalitas, dan jam terbangnya," kata Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPR RI ini.

Adies optimistis, Kapolri ke depan bisa merangkul semua kalangan. Diingatkannya, aparat polri harus tetap bekerja profesional dan tidak tembang pilih dalam menegakan supremasi hukum. "Sekali lagi kita apresiasi keputusan Presiden Jokowi," katanya.

Presiden Jokowi sudah memutuskan Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis, yang segera memasuki masa pensiun. Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nama yang direkomendasikan Kompolnas dan merupakan calon tunggal Kapolri.

Penyetoran nama Komjen Listyo Sigit Prabowo disampaikan oleh Ketua DPR Puan Maharani di gedung DPR, Rabu (13/1). Surat Presiden untuk calon Kapolri dikirimkan ke DPR hari ini langsung oleh Mensesneg Pratikno.

"Surpres telah kami terima dari Bapak Presiden, yang mana Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal, yaitu Bapak Drs Listyo Sigit Prabowo, MSi, yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," ujar Puan. (ak)