Ada Bang Pitung jadi IRUP HUT RI ke-77 di Sukapura

Ketua RW 06 Kelurahan Sukapura, Wawan Setiawan Mengenakan Pakaian Adat Betawi

Jakarta, Dekannews - Beragam cara dilakukan masyarakat di DKI Jakarta dalam rangka memeriahkan gelaran upacara tingkat RW menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI di wilayahnya, Rabu (17/8) kemarin

Seperti di Kecamatan Cilincing, sang Ketua RW 06 Kelurahan Sukapura, Wawan Setiawan mengenakan pakaian adat betawi berwarna merah agar bisa menyerupai Bang Pitung ikon legenda perlawanan penjajah lokal saat bertugas menjadi Inspektur Upacara (Irup) di Lapangan Kantor RW 06 Sukapura. 

"Bang Pitung kan tokoh legenda yang lekat dengan  daerah Cilincing. Kita ingin membawa suasana dan semangat Bang Pitung dalam hari kemerdekaan ini," ujar Wawan. 

Dilanjutkannya, menghadirkan nuansa Bang Pitung dalam kegiatan ini masukan dari para Pengurus RW dan tokoh Masyarakat. Sebelumnya, warga juga sudah berlatih sejak H-14 menyiapkan perangkat upacara. 

Secara gotong royong mufakat, kader Dasawisma, PKK, Jumantik, Pengurus RW, Keamanan, serta Ketua RT, memilih dan bertugas sebagai perangkat upacara seperti pasukan pengibar bendera, komandan upacara hingga pembaca teks Proklamasi. 

Diakui Wawan, untuk dapat merealisasikan Kolaborasi tersebut tidaklah mudah. Dibutuhkan tekat yang kuad dan keseriusan untuk bisa menggelar upacara yang baik serta khidmat. 

"Alhamdulillah dengan tekad kuat dan serius akhirnya dapat juga menyelesaikan tanggung jawab mengibarkan Bendera Merah Putih tepat di tanggal 17 Agustus 2022," tandasnya. EDI