26 ABK di Pelabuhan Muara Baru Jalani Rapid Swab Antigen

Rapid Swab Antigen Gratis Terhadap ABK Oleh Polsek Kawasan Pelabuhan Muara Baru

Jakarta, Dekannews - Polsek Kawasan Muara Baru melakukan rapid swab antigen terhadap 26 orang Anak Buah Kapal ( ABK ) diatas Tongkang SPBB Bumi Yaso Panduta Arta Dermaga Timur Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta (PPSNZJ), Selasa (25/5). 

Adapun rapid swab antigen gratis secara random sampling terhadap 26 orang ABK ini terdiri dari 14 org ABK KM. Naili 12 dan 12 org ABK KM. Sumber Barohkah Jaya yang sandar di Dermaga Timur Pelabuhan Muara Baru.

Kapolsek Kawasan Muara Baru AKP M. Debby Tri Andrestian mengatakan, Kegiatan rapid swab antigen merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Polsek Kawasan Muara Baru bekerja sama dengan unit kesehatan Polres Pelabuhan Tanjung Priok dan Kantor Kesehatan Wilker Pelabuhan Muara Baru dengan menggunakan 1 unit mobil Dinas Binmas.

"Swab antigen ini bertujuan untuk mengetahui kesehatan para ABK yang baru datang dari wilayah luar daerah untuk menjadi ABK di Kapal Ikan di Wilayah Pelabuhan Muara Baru," ujarnya. 

Selain itu kegiatan ini juga dilakukan untuk memberikan edukasi kepada ABK dan mencegah memutus mata rantai penyebaran Covid -19. Sedangkan dari hasil rapid swab antigen terhadap ke 26 orang ABK diketahui non reaktif Covid-19. 

Lebih lanjut Kapolsek Kawasan Muara Baru mengimbau kepada pengurus dan pemilik kapal ikan agar para pekerjanya yang akan menjadi ABK tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan menjalankan 5 M yaitu, Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan serta Membatasi mobilisasi dan interaksi agar terhindar dari penyebaran virus corona Covid 19.

Sementara itu Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta Rahmat Irawan dan Ketua HNPN James Then memberikan apresiasi terhadap kegiatan Rapid Swab Antigen terhadap ABK maupun buruh pekerja yang dilaksanakan oleh Polsek Kawasan Muara Baru. EDI