20 Perusahaan Swasta Singapura Minat Investasi di Pembangunan IKN

Presiden RI Joko Widodo (kiri) dan PM Singapura Lee Hsien Loong selepas Retret Pemimpin Indonesia-Singapura 2023 di Singapura, Kamis (16/3/2023).

Jakarta, Dekannews - Pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menghasilkan keputusan penting, salah satunya terkait pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Jokowi mengungkapkan, 20 perusahaan swasta asal Singapura menyatakan minat untuk berinvestasi dalam pembangunan IKN.

Indonesia juga menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) dengan Singapura dalam bidang pembangunan rumah yang berkelanjutan dan kolaborasi pengetahuan, riset, dan pembangunan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Keputusan ini terangkum dalam leaders' retreat yang digelar di Singapura, Kamis siang (16/3).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengungkapkan Singapura menunjukkan minat yang tinggi untuk berinvestasi di IKN.

"Secara keseluruhan pertemuan ini terdapat 20 letter of intent minat swasta Singapura untuk berinvestasi di IKN Nusantara," ungkap Jokowi dalam pernyataan pers bersama di Prime Minister's Office di Singapura pada Kamis siang (16/3).

Pertemuan Jokowi dan Lee di Singapura adalah lanjutan dari leader's retreat yang sudah digelar Januari tahun lalu di Bintan, Kepulauan Riau. Menurut Jokowi, banyak kemajuan dicapai sejak pertemuan tersebut.

"Investasi Singapura ke Indonesia meningkat lebih dari 40 persen, dan volume perdagangan naik 25 persen," kata Jokowi.

Perdana Menteri Lee Hsien Loong menyebut, investor asal Singapura akan berkunjung ke Indonesia di bulan Mei mendatang untuk berdiskusi lebih lanjut dalam sebuah forum.

Singapura akan mendorong berbagai perusahaan swasta dan pebisnis untuk berpartisipasi dalam forum tersebut.

"Termasuk di dalamnya adalah IKN sebagai proyek perdana. Saya dan Presiden Jokowi sudah mendiskusikan IKN secara elaboratif," ungkap Lee Hsien Loong dalam kesempatan yang sama.

Lalu, ada MoU di bidang keberlanjutan dan pembentukan kapasitas SDM juga ditandatangani oleh kedua negara.

Penandatanganan MoU Keberlanjutan dan Pembangunan Rumah diwakili oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI Suharso Monoarfa dengan Menteri Pembangunan Nasional Singapura Desmond Lee.

Kemudian penandatanganan MoU Kolaborasi Pengetahuan, Pembangunan Kapasitas, dan Riset dilakukan oleh Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono dan Menteri Pembangunan Nasional Singapura Desmond Lee.

Selain kerja sama untuk pembangunan IKN, leaders' retreat menghasilkan beberapa kesepakatan di berbagai bidang.

Jokowi menyebut, terdapat 9 MoU antar-bisnis atau business to business (B2B) di bidang perawatan kesehatan dan 7 MoU antar-pemerintahan atau government to government (G2G) di bidang energi, kesehatan, dan digital. RED