1.500 Atlet, Pelatih dan Asisten Pelatih Teken PKS dengan KONI DKI

Suasana penandatanganan PKS di Gedung KONI DKI. (Foto: Dekan)

Jakarta, Dekannews- Sebanyak 1.500 atlet, pelatih dan asisten pelatih dari sekitar 54 cabang olahraga (Cabor), mulai Kamis (16/5/2019) ini hingga 24 Mei, secara bertahap menandatangani perjanjian kerjasama (PKS) dengan KONI DKI Jakarta.

"Penandatanganan PKS ini dalam rangka Pelatda (Pusat Pelatihan Daerah) menuju PON XX," jelas Waketum I KONI DKI Jakarta, Gede Sarjana, di kantornya Jalan R Soeprato, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019).

Ia menjelaskan, penandatanganan PKS ini diperlukan karena para atlet, pelatih dan asisten pelatih tersebut mendapat bantuan dari KONI, sehingga perlu dikuatkan dengan PKS.

Selain hal tersebut, katanya, dengan adanya penandatanganan PKS ini terjadi tatap muka antara pengurus KONI dengan para atlet yang semuanya merupakan atlet lapis pertama dan kedua, serta dengan para pelatih dan asistennya. Sekaligus untuk mendapatkan data mereka secara lengkap, dan memastikan bahwa mereka berdomisili di Jakarta.

"Dalam penandatanganan PKS ini juga divalidasi lagi apakah data mereka masih nge-link ke Bank DKI atau tidak. Kalau tidak, maka di-link-kan, karena dana mereka didistribusikan melalui rekening mereka di bank itu," imbuhnya.

Gede memastikan bahwa dalam PKS itu juga ada pasal yang mengatur tentang sanksi, dimana atlet yang tidak disiplin akan didegradasi dan atlet yang disiplin dan dinilai punya potensi akan dipromosikan.

"Sesuai keputusan rapat anggota KONI beberapa waktu lalu, kita berharap dapat meloloskan atlet sebanyak-banyaknya dalam kualifikasi PON XX. Karena itu yang sudah tandatangan PKS harus memperlihatkan kesungguhan dan disiplin selama di Pelatda," tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada PON XX yang digelar pada Oktober 2020 di Papua, KONI DKI bertekad merebut kembali gelar juara umum yang direbut Jawa Barat pada PON XIX di Bandung. Untuk itu, berbagai persiapan dilakukan. Termasuk mendatangkan pelatih dari luar negeri untuk Cabor-Cabor tertentu.

Menurut informasi, dari 1.500 atlet, pelatih dan asisten pelatih yang menandatangani PKS, hari ini yang diundang KONI untuk menandatangani PKS berasal dari 10/Cabor, di antaranya renang, sub cabor renang perairan terbuka, aeromedoling, gantole, anggar, baseball, sub cabor renang indah, dan sub cabor loncat indah. (man)