Pertamina Ancam Tutup SPBU Salahgunakan BBM Bersubsidi

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengingatkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) agar tidak main-main bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi alias pertalite dan solar.

Bahkan Nicke mengancam akan menindak tegas oknum yang terbukti bersalah menyelewengkan BBM subsidi mulai dari penghentian pasokan BBM hingga penutupan SPBU. Langkah penindakan dilakukan melalui kerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

"Pengawasan ini tidak dapat dilakukan sendirian oleh Pertamina. Selain regulasi, pengawasan bersama adalah cara yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kembali penyalahgunaan agar BBM subsidi ini disalurkan dengan tepat sasaran," kata Nicke dalam keterangan resmi, Senin (22/8).

Penyelewengan BBM Subsidi sudah terjadi sejak awal tahun sampai saat ini, Polri berhasil menindak sebanyak 49 kasus penyalahgunaan BBM bersubsidi di seluruh Indonesia. Nicke pun mengapresiasi langkah tersebut guna membuat BBM bersubsidi tepat sasaran

"Ini merupakan wujud komitmen Pertamina dan Polri dalam mendukung dan melindungi hak masyarakat rentan yang seharusnya dapat menikmati BBM subsidi," jelasnya.

Nicke juga menegaskan, Pertamina tidak akan mentoleransi jika ada pihak SPBU yang melakukan tindakan melawan hukum. "Setiap penyelewengan BBM bersubsidi merupakan tindakan kriminal melawan hukum dan pelakunya akan berhadapan dengan aparat penegak hukum," ucap Nicke. (Zat)