Berikut Tips BPBD DKI Untuk Pemudik Agar Rumah Tetap Aman

Ilustrasi rumah. (Ist)

Jakarta, Dekannews - Masyarakat sudah diperbolehkan mudik pada Lebaran 2022. Namun pemudik diimbau untuk memastikan keamanan rumahnya selama ditinggal mudik ke kampung halaman.  

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memberikan tips kepada warga yang hendak mudik Lebaran. Selain juha menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).  

"Kami berikan tips supaya rumah yang ditinggalkan aman dari potensi bencana. Tips ini bisa dilakukan oleh masyatakat agar terhindar dari potensi kebakaran yang kerap melanda ketika rumah ditinggalkan penghuninya selama mudik Lebaran,” ujar Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji, Kamis (28/4).  

Adapun beberapa hal perlu diperhatikan pemudik, diantaranya pertama, kunci dan pintu jendela rumah.  Kedua, cabut selang regulator gas dan pastikan kompor dalam keadaan mati. Ketiga, cabut kabel dan peralatan listrik ke stop kontak, serta pastikan semua sumber listrik aman dari benda yang mudah terbakar.  Keempat, kosongkan dan tutup bak penampungan air untuk mencegah bersarangnya sumber-sumber penyakit.

Kelima, titipkan barang-barang berharga pada tempat yang aman untuk menghindari potensi kemalingan. Keenam, titipkan rumah ke orang yang dipercaya dan laporkan kepergian mudik kepada RT/RW setempat.  

“Kami juga mengajak semua masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi dan booster yang dapat diakses melalui aplikasi JAKI agar pelaksanaan mudik semakin aman dan juga nyaman,” terang Isnawa. (Zat)