5 Makanan Dengan Kandungan Zat Besi Tinggi, Ampuh Mencegah Anemia

Ilustrasi (Ist)

Jakarta, Dekannews - zat besi penting untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan dalam tubuh. Zat besi merupakan mineral baik untuk ketahanan tubuh.

Karena itu penting untuk menjaga asupan zat besi. Alasannya, zat besi baik untuk kesehatan, antara lain mengobati anemia, meningkatkan kadar hemoglobin, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan konsentrasi.

Salah satu cara untuk menjaga asupan zat besi dengan mengkonsumsi beragam makanan yang mengandung mineral itu. 

Berikut ini 5 makanan yang mengandung zat besi yang cocok untuk pengidap anemia.

1. Daging merah 

Kandungan zat besi dalam 100 gram daging merah sekitar 2,7 miligram. Jumlah ini sudah memenuhi sekitar 15 persen dari total asupan harian yang disarankan. 

2. Jeroan

Asupan zat besi pada bagian dalam hewan hati, jantung, dan otak terbilang cukup tinggi. Bahkan, 100 gram hati sapi mengandung zat besi sebesar 6,5 miligram yang telah memenuhi sekitar 36 persen asupan harian. Sementara itu, 100 gram hati ayam mengandung zat besi sebesar 15,6 miligram.

3. Bayam dan brokoli

Bayam dan brokoli memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Tidak hanya ituz sayuran hijau ini juga memiliki serat, protein nabati, kalsium, hingga vitamin A dan E. Semua kandungan tersebut dapat membantu proses kerja pembentukan hemoglobin.

4. Kacang dan biji-bijian 

Semua jenis kacang dan biji-bijian efektif memenuhi untuk memenuhi asupan zat besi harian. Diantaranya, seperti kacang arab, kacang hitam, kacang merah, kedelai, biji labu, dan biji wijen. Selain itu, kacang dan biji-bijian tersebut memiliki kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan.

5. Ikan

Ikan selain mengandung protein dan gizi yang tinggi, juga terdapat zat besi. Seperti ikan tuna, 85 gram tuna kalengan, mengandung sekitar 1,4 miligram zat besi. Selain tuna, ikan kembung, kerang juga kaya zat besi yang juga bisa dikonsumsi. (Zat)