Wiranto: Ada yang Tunggangi Kerusuhan di Papua

Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Wiranto dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Foto: Int)

Jakarta, Dekannews- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengklaim mengetahui pihak yang menunggangi kerusuhan di Papua.

Pernyataan dikemukakan berdasarkan laporan dari Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan.

"Pada saat terima laporan dari kapolri, panglima (TNI) dan kepala BIN, memang kerusuhan ini ada yang menunggangi, ada yang ngomporin,ada yang provokasi, ada yang sengaja mendorong agar terjadi kekacauan," kata Wiranto dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta,  Jumat (30/8/2019) malam. 

Ia didampingi panglima TNI dan Kapolri usai rapat terbatas yang digelar Presiden Joko Widodo, 

Wiranto juga mengklaim sudah tahu siapa pihak yang mengambil keuntungan dari kerusuhan tersebut, dan meminta pihak 'penunggang' untuk segera menghentikan aksinya. 

“Kita peringatkan, siapa pun dia, hentikan, karena itu hanya ingin membuat suasana instabil,” tuturnya.!

Meski demikian Wiranto enggan membuka secara jelas siapa sebetulnya pihak yang menginginkan kerusuhan di Papua. Dia juga tak menjawab apa tujuan dari pihak yang dia maksud.

Di satu sisi, Wiranto mengklaim, pemerintah telah melakukan berbagai upaya agar situasi di Papua berangsur pulih. Dia telah bertemu dengan para tokoh Papua, termasuk perwakilan Papua di DPD maupun DPR.

Mereka berbicara segala hal tentang krisis di Papua, tetapi tidak untuk mencari siapa yang bersalah, melainkan meredakan ketegangan dan menghentikan kerusuhan. 

“Ini harus segera kita hentikan, pulihkan, masuk suasana damai, sehingga dialog bisa dilakukan," ujarnya. (sumber: Viva)