Warga Terima BST

BST - Warga se Kecamatan Bekasi Utara menerima pencairan Bantuan Sosial Tunai (BST) secara serempak Kamis (18/2/2021). Seorang warga RW 04, Kelurahan Teluk Pucung, telah menerima BST di kantor RW 04. [Kirman]

Bekasi Kota, Dekannews - Sejumlah 319 Kepala Keluarga (KK) warga Rukun Warga (RW) 04, Kelurahan Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, menerima Bantuan Sosial Tunai (BST).

"Alhamdulillah, sudah dapat BST. Jadi ada uang buat beli susu ama periksa kandungan," ungkap Winarti, perempuan muda yang tengah hamil ini kepada dekannews.com, Kamis (18/2/2021), usai menerima BST. 

Selain Winarti, masih ada sejumlah warga lainnya mengantri di depan Kantor RW 04. Warga yang mendapat BST ini nampak membawa dokumen seperti Kartu Keluarga (KK), KTP dan surat panggilan. Setiap KK menerima BST sebesar Rp300.000.

Menurut Ketua RW 04 Edi Sugandi, jumlah warga yang menerima BST mencapai 319 KK dari 1.500-an KK. "Jumlah tersebut warga yang ber-KTP RW 04, warga yang punya rumah di RW 04 tapi masih ber-KTP luar RW 04 dan warga pengontrak," jelas Edi.

Jumlah RT dalam lingkungan RW 04 ada 10 RT, lanjut Edi, jumlah warga yang menerima BST setiap RT-nya bervariasi, bisa 15 KK atau 17 KK. BST kali ini merupakan kucuran bansos yang kesebelas dari jumlah keseluruhan pencairan program bansos.

Kegiatan pencairan BST, lanjut Edi, dilaksanakan satu hari penuh, dari pagi sekira pukul 08.00 hingga petang pukul 17.00. "Jika ada warga yang tidak bisa mengambil BST sekarang ini, tetap akan diberikan setelah tiga hari," terang Edi. 

Masih menurut Edi, kurun waktu tiga hari menunggu Kantor Pos selesai melalukan rekapitulasi dan verifikasi data warga yang sudah menerima BST atau belum. "Baru setelah itu BST bakal disalurkan," ucap Edi. 

Pencairan BST, imbuh Edi, dilaksanakan serempak se-Kecamatan Bekasi Utara. (Kir)