Vaksinasi Covid-19 di Jakarta Diundur Jumat 15 Januari

Vaksinasi. (Foto: Int)

Jakarta, Dekannews - Vaksinasi Covid-19 di DKI Jakarta diundur dari semula dijadwalkan dimulai Kamis (14/1/2021), menjadi dimulai Jumat (15/1/2021). 

Wakil Gubernur DKI jakarta Ahmad Riza Patria mengataka, pemunduran ini dilakukan atas usulan sejumlah tokoh dengan alasan karena Senin-Kamis mereka sedang berpuasa sunah. 

"Insya Allah vaksinasi di Jakarta mulai 15 Desember 2021 pagi," ujar Ariza di Balai Kota Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Untuk tahap pertama, vaksin Sinovac akan disuntikkan kepada tenaga kesehatan, para tokoh dari Pemprov DKI, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya dan unsur dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta, terutama yang terlibat dalam penanganan Covid-19, untuk menjadi contoh bagi masyarakat bahwa salah satu cara mencegah penularan Covid-19 adalah dengan vaksin.

Riza mengaku, Pemprov DKI melalui Dinas Kesehatan sudah melakukan persiapan untuk pendistribusian vaksin, namun yang masih perlu ditentukan adalah tempat dimana vaksinasi akan dilakukan.

"Sekarang tinggal mengatur tempatnya, apakah (vaksinasi) di rumah sakit, puskesmas atau di tempat masing-masing. Kalau saran dari Menke, di RS," katanya. 

Seperti diketahui, secara nasional, vaksinasi dilakukan dalam empat tahap, yakni tahap I dan II pada hari ini, Rabu (13/1/2021) hingga April 2021, dan tahap III dan IV pada April 2021 hingga Maret 2022.

Untuk tahap I, pemerintah telah menyiapkan 3 juta dosis vaksin Sinovac yang telah didatangkan dari China pada 6 dan 31 Desember 2020. 

Presiden Jokowi dijadwalkan masuk tahap I penerimaan vaksin. Dia akan disuntik hari ini. (rhm)