Urus Izin Tanpa Biaya, Jupiter Curiga Ada Gratifikasi di Balik Penyelenggaraan DWP 2019

Ahmad Lukman Jupiter. (Foto: Dekan)

Jakarta, Dekannews- Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta Ahmad Lukman Jupiter meminta Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengawasi pergelaran festival musik Electronic Dance Music (EDM) Djakarta Warehouse Project (DWP) 2019 yang akan dihelat pada 13-15 Desember 2019 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pasalnya, event terbesar di Asia Tenggara itu sama sekali tidak mengeluarkan biaya untuk pengurusan izin, sementara pihak penyelenggara, Ismaya Group,  menargetkan jumlah pengunjung hingga 30.000 orang  dengan harga tiket di kisaran Rp500.000 hingga Rp8 juta.

"Jangan sampai ada kebocoran pajak di sana," katanya kepada dekannews.com. melalui pesan WhatsApp, Sabtu (7/12/2019).

Anggota Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta ini curiga jangan-jangan ada korupsi atau gratifikasi dalam pengurusan izin tersebut, sehingga pihak penyelenggara tidak mengeluarkan biaya sama sekali untuk pengurusan izinnya.

Menurut dia, event sebesar itu seharusnya dapat memberi masukan bagi pendapatan asli daerah (PAD). Apalagi karena event ini ditargetkan meraup omset puluhan miliar.

"Saya meminta kepada seluruh stakeholder agar melakukan pengawasan dan transparansi, karena ini menyangkut pendapatan pajak," tegasnya.

Untuk diketahui, DWP bukan baru kali ini diselenggarakan di Jakarta. Pada penyelenggaraan 2017, event untuk usia 18 tahun ke atas ini ditolak sejumlah elemen masyarakat, antara lain Muslim Kemayoran Bersatu (MKB), Front Pembela Islam (FPI), Laskar Pembela Islam (LPI), Bang Japar (Kebangkitan Jawara dan Pengacara) Indonesia, Paguyuban Warga Betawi (PWB), Forkabi Kemayoran, Majelis Ta'lim Al-Muhibbin dan Majelis Ta'lim Sirojul Mubtadiin, karena event ini dinilai rawan perilaku seks bebas, penyalahgunaan narkoba, dan tidak sesuai budaya Indonesia.

DWP 2019 akan dimeriahkan oleh DJ kelas dunia seperti Martinx, Zedd, Oliver Heldens, Yellow Claw, Calvin Harris, dan lain-lain. Tiket masuk dapat dibeli di djakartawarehouse.com.

Pada Jumat (6/12/2019, saat Komisi C DPRD DKI Jakarta melakukan rapat kerja dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud),  dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Jupiter juga mempermasalahkan soal biaya pengurusan izin DWP 2019 ini. (rhm)