Transjakarta Tiadakan Bus Rute Wisata

Salah satu bus Jakarta Eksplorer. (Foto: kata Omed)

Jakarta, Dekannews- PT Transjakarta menghentikan operasional 22 unit bus Jakarta Eksplorer seiring dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) fase II di Jakarta yang dimulai Senin (14/9/2020) ini hingga 14 hari ke depan.

Penerapan PSBB fase II tersebut didasari Pergub Nomor 88 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Melalui siaran tertulis yang diterima dekannews.com, Senin (14/9/2020), Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Nadia Diposanjoyo, mengatakan, sehubungan dengan diterbitkannya Pergub Nomor 88 Tahun 2020, serta penerapan kembali PSBB dengan mekanisme yang lebih ketat, Transjakarta saat ini masih melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk pelaksanaan pola operasi yang disesuaikan.

"Untuk itu, pada Senin (14/09) hingga Rabu (16/09), pola operasi yang diterapkan masih sama seperti pola operasi minggu sebelumnya dan tidak terdapat perubahan," imbuhnya.

Namun demikian ia mengatakan, untuk rute wisata mulai Senin ini kembali ditiadakan karena sesuai arahan Gubenur Anies Baswedan, selama PSBB fase II,  tempat-tempat wisata harus ditutup.

"Perubahan terhadap pola operasi akan kembali kami informasikan apabila sudah terdapat keputusan koordinasi dalam waktu dekat," imbuh Nadia lagi.

Bus Jakarta Eksplorer adalah bus-bus bertingkat yang selama ini digunakan Transjakarta sebagai sarana transportasi wisata yang dapat digunakan secara gratis oleh masyarakat.

Bus-bus ini memiliki empat rute wisata yang berbeda, namun semuanya memiliki rute yang menelusuri ikon dan landmark yang ada di Jakarta.

Inilah rute-rute bus tersebut:
BW1: Sejarah Jakarta
BW2: Jakarta Baru
BW3: Kesenian & Kuliner
BW4: Pencakar Langit
BW5: Ruang Terbuka
BW6: Cagar Budaya Jakarta
BW7: Belanja Jakarta

(rhm)