Tokoh Wanita dari Pulau Sebira Masuk Nominasi Ibu Ibukota Awards 2019

Ibu Hartati (kanan) bersama Ketua PKK Kabupaten Kepulauan Seribu, Yetty Murad. (Dok: Pemkab Kepulauan Seribu)

Jakarta, Dekannews- Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad mengatakan, hari ini, Selasa (24/9/2019), Pulau Sebira mendapat kunjungan dari Tim Juri/Seleksi Ibu Ibukota Awards 2019.

"Mereka datang untuk menemui Ibu Hartati yang masuk nominasi penerima Awards tersebut," katanya kepada dekannews.com melalui telepon.

Ibu Hartati yang akrab disapa Bu RW adalah tokoh yang memberikan banyak perubahan bagi warga Pulau Sebira, khususnya kaum wanita di pulau yang berada di wilayah paling utara di Kabupaten Kepulauan Seribu itu, dan warga Kepulauan Seribu pada umumnya, karena tokoh berusia 72 tahun itu memberikan inspirasi dan motivator melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat yang menghasilkan produksi aneka olahan seperti ikan asin krispi, stik ikan tenggiri, krupuk dan katering.

Kaum pria yang tadinya hanya sebagai nelayan, berkat Bu RW kini dapat mengolah hasil tangkapannya menjadi ikan asin dengan garam yang diproduksi sendiri, dan dapat menghasilkan aneka stik berbahan ikan maupun krupuk, sehingga kondisi perekokomiannya meningkat.

Di sisi lain, kaum wanita diajarkan untuk memasak dan membuat aneka kue, sehingga wisatawan maupun pejabat dari Pemkab Kabupaten Kepulauan Seribu atau dari Pemprov DKI Jakarta yang sedang melakukan kunjungan kerja, cukup memesan katering dari Pulau Sabira jika membutuhkan konsumsi.

"Sebagai bupati, saya tentu sangat bahagia punya warga yang masuk nominasi Ibu Ibukota Awards, dan menurut saya Ibu Hajjah Hartati sangat layak untuk mendapatkan  penghargaan itu karena Beliau pribadi yang sederhana dan tulus dalam membina masyarakat," kata Murad.

Hal senada dikatakan Ketua PKK Kabupaten Kepulauan Seribu, Yetty Murad. Ia mengatakan, sebagai wanita ia sangat bangga karena ada seorang wanita di Kepulauan Seribu yang ditokohkan oleh masyarakat, menjadi salah satu nominasi peraih penghargaan Ibu Ibukota Award.

"Ini pemberian penghargaan bergengsi yang diberikan Pemprov DKI Jakarta untuk mengapresiasi kaum wanita yang sederhana, namun terlibat dalam pembangunan Ibukota dalam kesunyian. Bu RW layak mendapatkan penghargaan ini," tegas istri Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad tersebut.

Tim Juri/Seleksi Ibu Ibukota Award terdiri dari tujuh orang. Tim ini diketuai Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP), dan anggotanya berasal dari unsur organisasi wanita.

Ibu Ibukota Awards 2019 merupakan ajang penghargaan bergengsi bagi kaum wanita yang digagas Fery Farhati, ketua Tim Penggerak PKK yang juga istri Gubernur Jakarta Anies Baswedan.

Penyelenggaraan tahun ini merupakan yang pertama. (rhm)