Tahun 2030 Mobil Jaguar Land Rover Sepenuhnya Akan Bertenaga Listrik

Jaguar Land Rover.[ist]

Jakarta, Dekannews - Barisan Mobil Jaguar Land Rover (JLR) sepenuhnya akan bertenaga listrik pada 2030 kedepan. Produsen mobil tersebut akan bergabung dalam perlombaan global untuk mengambangkan model tanpa emisi guna mengatasi larangan yang membayangi penjualan kendaraan berbahan bakar fosill baru.

JLR yang dimiliki Tata Motors India  mengatakan, merek Jaguar akan memimpin dengan berbagai model listrik yang dibangun di atas platform listrik baru pada 2025. Mobil Jaguar dikenal dengan model E-Type yang ikonik dan berperforma tinggi di tahun 1960-an dan 1970-an, Jaguar menghadapi tantangan dari banyak produsen mobil lainnya - melakukan transisi ke kendaraan listrik sambil tetap mempertahankan perasaan dan kekuatan model mesin pembakaran mewah.

Melansir Routers, Kepala Eksekutif Thierry Bollore mengatakan, mengatakan pabrik Castle Bromwich pembuat mobil di Inggris Tengah akan fokus pada kegiatan "non-produksi" dalam jangka panjang. "Saatnya membayangkan kembali bab berikutnya untuk kedua merek Inggris yang kaya akan desain abadi," ucap Kepala Eksekutif Thierry Bollore, Senin (15/2/2021).

Disamping itu, JLR mengatakan akan menghabiskan sekitar 2,5 miliar pound ($ 3,5 miliar) setiap tahun untuk teknologi elektrifikasi dan pengembangan layanan kendaraan yang terhubung. Rencana tersebut datang saat grup mobil di seluruh dunia mengejar strategi tanpa emisi untuk memenuhi target emisi CO2 yang ketat di Eropa dan Cina.  Sejumlah negara juga telah mengumumkan larangan penjualan kendaraan berbahan bakar fosil baru - di Inggris Raya larangan tersebut akan berlaku pada tahun 2030.

Pada bulan November, merek mobil mewah Bentley Motors, yang dimiliki oleh Volkswagen Jerman, pada 2030 kedepan rangkaian modelnya akan sepenuhnya bertenaga listrik. Produsen mobil tersebut mengatakan pihaknya sedang "di jalur menuju" laba operasi dua digit dan arus kas positif dan bertujuan untuk mencapai kas positif tidak termasuk utang pada 2025. (can/kir).