Tagar #ChanganJiplakEsemka Masuk Trending Topics Twitter


Jakarta, Dekannews- Tagar #ChanganJiplakEsemka memasuki trending topic Twitter Indonesia, Sabtu (7/9/2019) pagi, hanya sehari setelah Presiden Jokowi meresmikan PT Solo Manufaktur Kreasi, produsen mobil Esemka yang beralamat di Boyolali, Jawa Tengah. 

Tagar itu bergema karena desain mobil Esemka yang diproduksi pabrik tersebut, yakni Pikap Bima 1.2L dan Bima 1.3L ternyata memiliki desain mirip dengan Changan Star Truck yang diproduksi sebuah perusahaan di Tiongkok; Changan Automobile. 

Hingga pukul 10:30 WIB, tagar itu berada di puncak trending topic, diikuti Fadli Zon dan #AkuTertipu, namun setelah itu Fadli Zon menyodok ke puncak trending, membuat #ChanganJiplakEsemka merosot ke posisi kedua dan #AkuTertipu tetap di posisi ketiga. 

Kemiripan Esemka Bima dengan Changan Star Truck antara lain diungkap warganet pemilik akun @NOTASLIMBOY, dengan gaya satir. 

"Mobil 'Esemka' bahkan bisa diorder di alibaba hahaha...," katanya dengan menyertakan screenshot iklan di Alibaba yang menawarkan Chinese Changan Light Cargo Truck 4x2 Pickup Truck dengan harga $6,400-6,800/unit. Desain truk ini dengan Esemka Bima memang bak pinang dibelah dua. 

"Kembar Identik..EsEmKa Vs Changan Star Truck," kicau @KdEzone.

Seperti diketahui, Esemka termasuk merek mobil yang membuat citra Presiden Jokowi meroket pada 2012, saat masih menjabat sebagai walikota Solo dan akan mengikuti Pilkada Jakarta 2012, selain citra diri sebagai orang yang sederhana dan merakyat. Bahkan karena Jokowi berjanji akan mengembangkan Esemka menjadi mobil nasional (Mobnas), dia lalu memenangkan Pilkada Jakarta 2012 dan Pilpres 2014.

Namun hingga Esemka dilaunching pada Jumat (6/9/2019), janji itu terkesan hanya sekedar janji. Apalagi karena sejak menjadi presiden, Jokowi tak pernah lagi menggunakan mobil Esemka Rajawali yang desainnya mirip Foday Explorer III, sebagai mobil dinas. Tidak seperti ketika dirinya masih menjadi walikota Solo. 

Pada 2018, KH Ma'ruf Amin yang saat itu masih sebagai Cawapres Jokowi untuk Pilpres 2019, mengatakan bahwa Esemka akan dilaunching pada Oktober 2018, namun batal dengan alasan yang tak pernah dijelaskan kepada publik. 

Di sisi lain, media mengungkap kalau pabrik mobil Esemka di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, tidak pernah melakukan aktivitas perakitan mobil, namun di pabrik milik PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) itu telah ada ratusan mobil buatan Tiongkok bermerek Geely dari berbagai tipe, mulai dari sedan hingga hatchback. Muncul dugaan kalau mobil-mobil inilah yang semula akan dilaunching sebagai mobil Esemka. 

Maka tak ayal, kemiripan desain Esemka Bima dengan Changan Truck pun menjadi tanda tanya publik, bahkan kecurigaan. Apalagi karena saat Esemka Bima dilaunching, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi, Eddy Wirajaya, mengatakan bahwa Esemka merupakan perusahaan yang 100 persen kepemilikannya tidak ada campur tangan pemerintah. SMK adalah perusahaan swasta nasional, sehingga embel-embel Esemka sebagai mobil nasional, harus 'dilenyapkan'.

"Dan kami bukan mobil nasional seperti yang dipahami orang selama ini. Lebih tepatnya mobil buatan Indonesia karya anak bangsa," kata Eddy dalam sambutannya. 

Fakta bahwa Esemka bukan mobil nasional dan desainnya mirip Changan Star Truck tak hanya memunculkan tagar bernada satir #ChanganJiplakEsemka, namun juga memunculkan tagar #AkuTertipu. 

"#ChanganJiplakEsemka Gembar gembor promosi media, MOBIL NASIONAL, mobil keluarga, SUV, sekelas Mercy, Kenyataan BUKAN Mobil Nasional, Bahan, Bentuk, Model IMPOR dari CHINA dikasih Merek. KURANG BGST Apa Coba. #AkuTertipu," kata @Anggraini_4yu. (rhm)