Syekh Ali Jaber Ditikam Saat Ceramah di Bandarlampung, Ini Kronologinya

Syekh Ali Jaber saat berada di Puskesmas. (Foto: Twitter)

Lampung, Dekannews- Serangan terhadap ulama terjadi lagi. Kali ini serangan dialami ulama kondang Syekh Ali Jaber.

Data yang dihimpun menyebutkan, ulama itu diserang seorang pemuda berusia 24 tahun saat berceramah di halaman Masjid Falahuddin di Kelurahan Sukajawa, Kecamatan Tanjung Karang Barat (TKB), Kota Bandarlampung, Minggu (13/9/2020).

Dari enam rekaman video amatir yang diunggah pemilik akun @SorotMata212 terlihat bagaimana kronologi serangan itu terjadi.

Awalnya Syekh Ali Jaber nampak sedang berbincang dengan dua orang wanita berhijab di atas panggung. Kemudian seorang pemuda berkaos biru berlari dari tengah-tengah hadirin ke arah Syekh Ali Jaber, dan menikamkan sebilah belati ke pangkal lengan kanan syekh kondang itu. Kemudian lari meninggalkannya.

Syekh Ali Jaber kaget dan bangkit untuk mengejar si pemuda, sementara belati yang ditiikamkan si pemuda nampak menancap di lengannya, namun orang-orang di sekitar Syekh lebih cepat bergerak.

Di tengah kehebohan yang terjadi akibat perbuatan si pemuda, para hadirin mengejar si pemuda dan menangkap serta memukulinya hingga mulutnya berdarah. Tangan si pemuda juga diikat dengan tali.

Saat ditanyai, pemuda itu mengaku bernama Alfin, tapi tak mau menyebutkan siapa yang menyuruhnya.

Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto mengatakan kalau pemuda itu tinggal tak jauh dari lokasi kejadian.

"Jarak antara rumah pelaku dan TKP itu sekitar 300 meter dan menurut pengakuan AA yang bersangkutan membawa pisau dari rumah," katanya seperti dikutip dari Antara, Senin (14/9/2020).

Pasca kejadian, Syekh Ali Jaber dilarikan ke Puskesmas terdekat dan lukanya dijahit.

Luka di pangkal lengan kanan Syekh Ali Jaber akibat tikaman Alfin sedalam 4 sentimeter. (rhm)