Sidang Putusan MK, Polda Kembali Tutup Jalan Medan Merdeka Barat

Polda tutup Jalan Medan Merdeka Barat. (Foto: Ist)

Jakarta,  Dekannews- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali menenutup jalur Jalan Medan Merdeka Barat menuju Harmoni, Jakarta Pusat, dimana Gedung MK berada, Kamis (27/6/2019). 

Penutupan dilakukan dalam rangka mengamankan sidang MK dengan agenda pembacaan putusan atas gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2019 yang diajukan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi dengan KPU sebagai termohon dan pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Pihak Terkait. 

Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakkan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kompol M Nasir,  mengatakan, penutupan diakukan karena Gedung MK merupakan obyek vital,  dan penutupan dilakukan tak lain guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan. 

"Memang obyek utama adalah MK dan obyek vital lainnya," kata dia saat dikonfirmasi, Kamis (27/6/ 2019). 

Atas hal tesebut, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan pengalihan arus lalu lintas agar pengendara lain tidak terganggu aktivitasnya. 

Meski demikian Nasir menyebut pengalihan arus lalin ini bersifat situasional,  mengikuti kondisi di lapangan. 

Berikut ini rekayasa lalu lintas yang sudah disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:
1. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke kiri maupun kanan ke Jalan Kebon Sirih.
2. Arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin.
3. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit atau Jalan Fachrudin.
4. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit dialihkan ke Jalan IR H Juanda.
5. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya menuju Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun ke kanan Jalan Hayam Wuruk.
6. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya menuju Jalan Gak  III diluruskan ke arah Harmoni.
7. Arus lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan Jalan Perwira.
8. Arus lalu lintas dari Jalan M Ridwan Rais menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.
(sumber: Dtc)