SGY Sebut Jokowi Tepat Pilih Marullah Sebagai Sekda DKI

Marullah Matali (baju putih). (Foto: NetralNews)

Jakarta, Dekannews- Ketua Koalisi Rakyat Pemerhati Jakarta Baru (Katar) Sugiyanto menilai, kebijakan Presiden Jokowi memilih Marullah Matali sebagai Sekda DKI adalah tepat. 

Menurut dia, Marullah yang saat ini menjabat sebagai walikota Jakarta Selatan, merupakan figur yang pas untuk mengisi jabatan strategis tersebut. 

"Dari segi usia, Marullah lebih senior dibanding dua calon lain yang lolos seleksi terbuka dan namanya diajukan ke Presiden oleh Gubernur Anies Baswedan," katanya di Jakarta, Kamis (14/1/2021). 

Aktivis yang akrab disapa SGY ini menambahkan, sebagai figur yang lebih senior, Marullah telah pernah menduduki beberapa jabatan strategis, salah satunya sebagai kepala Biro Dikmental di era Gubernur Fauzi Bowo (2007-2012), sehingga pemahamamnya tentang permasalah Jakarta tak perlu diragukan. 

"Dia juga orang yang low profile, sehingga saya yakin di bisa membantu Gubernur dalam melaksanakan tuhas penyelenggaraan pemerintahan, administrasi, organisasi dan tata laksana serta memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh Perangkat Daerah dengan sangat baik," katanya. 

Seperti diketahui, setelah Sekda DKI Saefullah wafat pada September 2020 akibat Covid-19, Pemprov DKI melakukan seleksi terbuka untuk mendapatkan penggantinya. 

Setelah melalui serangkaian tes, tiga nama lolos, yakni Marullah Matali, Plt Sekda Sri Haryati, dan Walikota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko. Ketiga nama ini kemudian dikirim kepada Presiden, dan pada Senin (11/1/2021) Istana mengirim SK yang menetapkan Marullah sebagai Sekda pengganti Saefullah. 

Hal ini dibenarkan Kepala Sekretaris Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Kamis (14/1/2021).

"Iya (Marullah Matali). Surat keputusan (SK) sudah dikirim ke Pemerintah DKI Jakarta," ujarnya.

Marullah merupakan putra asli Betawi, dan juga seorang kader NU. (rhm)