Senator Asel Aceh: 136 Anggota DPD boleh Calonkan Diri Menjadi Pimpinan MPR

Fachrul Razi. (Foto: can/Dekan)

Jakarta, Dekannews- Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) asal Aceh, Fachrul Razi, mengatakan, anggota DPD terpilih periode 2019-2024 punya hak yang sama untuk maju sebagai pimpinan MPR RI, sesui ketentuan yang diatur dalam Tata Tertib (Tatib) DPD RI. 

“Tidak benar Tatib DPD ingin menjegal seseorang, karena 136 anggota DPD RI boleh maju sebagai calon pimpinan MPR,” ujar senator asal Aceh itu di gedung MPR, Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Ia menegaskan, 136 anggota senator terpilih dari berbagai Dapil di Tanah Air adalah para negarawan dan tokoh-tokoh terbaik yang terpilih di daerahnya masing-masing. 

Ia pun mempertanyakan, dimana logikanya jika di daerah dimana senator dipilih oleh rakyatnya dengan jumlah suara terbanyak, tapi dihambat untuk mencalonkan diri sebagai anggota MPR? 

"Itu melanggar UU,” tegasnya.

Ia pun meminta agar jangan adda jegal menjegal terhadap anggota DPD yang ingin mencalonkan diri menjadi anggota MPR, karena siapa pun di gedung Parlemen ini harus menghargai hak politik seseorang yang dilindungi konstitusi. 

"Dalam undang-undang pun dinyatakan, setiap anggota DPD boleh dipilih sebagai calon MPR ataupun memilih anggota MPR,” tegasnya lagi.

Fachrul pun mengajak semua anggota DPD bersatu,  tidak perlu ada konflik, dan semua calon agar sportif serta saling kompak. 

“Kita butuh kebersamaan dan memperkuat DPD secara sama-sama. Setiap anggota memiliki hak berdemokrasi. Oleh karena itu, mari membangun etika demokrasi yang bermartabat, hentikan perselisihan, mari bersatu untuk DPD RI yang kuat," ucapnya lagi.

Untuk diketahui,  Rabu (3/10/2019) besok pimpinan sementara MPR akan menggelar rapat paripurna pemilihan pimpinan MPR definitif. Sesuai ketentuan, pimpinan MPR bisa dari unsur fraksi dan kelompok DPD. 

Namun menjelang rapat tersebut, tersiar kabar kalau tidak semua anggota DPD boleh mencalonkan diri menjadi pimpinan MPR, sehingga internal DPD pun resah. Termasuk Fachrul Razi. (can)