RSUD Tipe D Bekasi Utara Untuk Tangani Penderita Covid - 19

[istimewa]

Kota Bekasi, Dekannews – Lonjakan kasus terpapar Covid – 19 mengharuskan semua kepala daerah menyiapakan sarana penunjang guna merawat warga yang positif Corona. Tak hanya pemerintah pusat, Pemprov DKI Jakarta yang kelimpungan kekurangan tempat untuk menangani pasien positif Corona tapi Pemkot Bekasi.

Dua hari lalu, Rabu (3/2/2021), Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe D di Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi. Rumah sakit ini khusus untuk menampung pasien Covid - 19 yang masih mengalami lonjakan di Kota Bekasi. RSUD ini merupakan RSUD keempat yang dimiliki Pemkot Bekasi. Rumah sakit ini memiliki kapasitas 100 bed. Setiap ruang perawatan dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara. “Fasilitas di RSUD Bekasi Utara ini tersedia 100 tempat tidur,”  kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati.

Menurutnya, RSUD Bekasi Utara hanya menampung pasien Covid-19 berbagai ringan, sedang, dan tanpa komorbid. “Di RSUD lain ada poliklinik, ada ICU, sehingga kemungkinan di sana dapat melayani pasien dengan komorbid,” ucap Tanti.

Pemkot Bekasi bakal menugaskan 60 tenaga medis dan staf untuk melayani para pasien Covid-19 di RSUD tersebut. RSUD tipe D yang berlokasi tak jauh dari Pasar Wisma Asri dan Jalan Lingkar Utara ini diharapkan akan memaksimalkan penanganan pasien Covid-19 di tengah lonjakan kasus aktif yang masih tinggi. “Diharapkan ini bisa menjadi alternatif penyelesaian bila terjadi peningkatan terus,” harap Tanti.

Selain RSUD Bekasi Utara, Pemkot Bekasi juga memiliki tiga RSUD tipe D lainnya, yakni di Pondokgede, Jatisampurna, dan Bantargebang. (kir)