Presiden Ke-3 RI BJ Habibie Tutup Usia

BJ Habibie. (Foto: Harian Terbit)

Jakarta, Dekannews- Innalilahi Wainailaihi Rojiun. Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie), Rabu (11/9/2019), wafat di RS Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat. 

Kabar wafatnya BJ Habibie itu disampaikan lewat Instagram Melanie Soebono beberapa menit yang lalu. 

“Eyang ... SAMPAI JUMPA DI KEABADIAN ... Senangnya dah bisa ngelepas kangen sala eyang puteri, bisa berdua dua an lagi... Kita disini ikhlas asal eyang bahagia —- SELAMAT JALAN —- -
Terimakasih sudah membuat Indonesia jauh lebih baik, terimakasih sudah mengajarkan saya jadi PEJUANG , kalo bahasa eyang “PEMBERONTAK” – Love you". 

BJ Habibie sejak beberapa hari lalu dirawat secara intensif di RSPAD Gatot Subroto karena menderita penyakit yang membuat kondisi kesehatannya menurun. 

Hingga kini masih belum diketahui apa penyakit Habibie.  Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto,  hanya menuturkan bahwa sesuai petunjuk Tim Dokter Kepresidenen, Habibie diminta mendapat perawatan optimal dan dapat istirahat penuh.

Selama presiden ke-3 RI itu dirawat, Pemerintah menyiagakan 44 dokter yang terdiri dari dokter ahli di berbagai bidang, dari ahli otak sampai jantung, untuk memantau kondisi kesehatannya. 

Pada Maret 2018, pria 83 tahun itu diketahui  sempat dirawat di klinik Starnberg di Munich, Jerman, setelah mengalami kebocoran klep jantung. 

Penyakit ini mirip dengan sakit yang dialami istrinya Ainun Habibie. (rhm)