Presiden Jokowi Disuntik Vaksin Sinovac

Presiden Jokowi divaksin. (Foto: Dekannews)

Jakarta, Dekannews - Presiden Jokowi mengawali program vaksinasi Covid-19 dengan menjadi orang pertama yang disuntik dengan vaksin buatan Sinovac Biotech Ltd di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/1/2021). 

Penyuntikan vaksin ini diawali dengan seremoni yang diisi sambutan dari sejumlah tokoh, termasuk dari Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz. 

Vaksinasi ini dilakukan oleh Tim Dokter Kepresidenan. 

Saat akan divaksin, dokter mengajukan beberapa pertanyaan kepada Jokowi, seperti apakah pernah terinfeksi Covid-19? Apakah punya riwayat diabetes? Dan dijawab Jokowi dengan "tidak". 

Proses penyuntikan hanya berlangsung tak sampai satu menit. Ketika selesai disuntik dan Jokowi ditanya apakah sakit? Mantan Walikota Solo itu kembali menjawab "tidak". 

Setelah Jokowi, orang kedua yang disuntik adalah Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih. 

Efek pemberian vaksin ini akan diketahui setelah 30 menit dari penyuntikan, apakah ada gejala tertentu seperti alergi atau lain-lain apakah tidak. 

Seperti diketahui, Indonesia telah mengimpor 3 juta dosis vaksin Sinovac yang didatangkan pada 6 dan 31 Desember 2020.

Vaksinasi ini dilakukan dalam empat tahap, dimana tahap I-II dilakukan hari ini hingga April 2021, dan tahap III-IV dilakukan pada April 2021 hingga Maret 2020.

Pada tahap I dan II target pemberian vaksin adalah tenaga kesehatan dan pajabat publik, termasuk yang berada di lingkungan TNI dan Polri. (rhm)