Peringati HUT RI, BKN Ingatkan ASN Jaga Peran Sebagai Perekat Bangsa

Upacara bendera HUT RI ke-74 di kantor Pusat BKN, Jakarta. Sabtu (17/8/2019). (Foto: yud/Dekan)

Jakarta, Dekannews- Dengan menggunakan pakaian adat, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan Kepegawaian Negara (BKN) ikuti upacara bendera HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di halaman kantor pusat BKN, Jakarta (17/8/2019).

Dalam acara tersebut, Kepala BKN Bima Haria Wibisana bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam sambutannya, Bima menyampaikan bahwa negara harus hadir dalam upaya pembangunan ASN Indonesia. 

Untuk itu, lanjutnya, BKN telah menggulirkan sejumlah program kerja untuk mendukung peningkatan kualitas ASN sesuai peran institusi sebagai pembina dan penyelenggara manajemen kepegawaian.

"Di antaranya penyusunan indeks tata kelola implementasi NSPK manajemen ASN, pembangunan sistem informasi terintegrasi untuk pengawasan dan pengendalian pelaksanaan manajemen ASN dan penyusunan pedoman teknis implementasi PP No. 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS," katanya. 

Bima kemudian mengajak ASN menjadi manusia Indonesia unggul yang berkontribusi terhadap persatuan dan kesatuan NKRI, bekerja dan berkinerja, adaptif terhadap perkembangan zaman dan tantangan global, serta tentunya menjadi ASN yang mencintai Pancasila dan kebhinekaan. 

"Untuk menunjang pembangunan maupun peningkatan SDM, diperlukan sistem manajemen SDM yang adaptif dengan perkembangan zaman, sehingga reformasi menyeluruh khususnya SDM aparatur, harus ditingkatkan. BKN sebagai instansi pembina dan penyelenggaran manajemen kepegawaian memiliki tanggung jawab penuh untuk mewujudkan hal tersebut," imbuhnya.

Kepala BKN juga meminta segenap ASN di Indonesia untuk menjaga peran dan fungsinya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yakni sebagai perekat dan pemersatu bangsa. 

Sementara, pada peringatan HUT ke-74 Indonesia di kantor Pusat BKN, pegawai yang hadir membentuk defile kontingen berbalut pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia yang menjadi simbol keberagaman bangsa. 

Seluruh pegawai BKN di Kantor Pusat BKN, 14 Kantor Regional BKN dari Aceh sampai Papua, dan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) BKN melantunkan “Indonesia Raya” yang mengiringi pengibaran Bendera Merah Putih, sembari mengingat kembali sejarah perjalanan bangsa Indonesia hingga menginjak usia 74 tahun yang saat ini dirayakan seluruh masyarakat Indonesia. (yud)