Percantik Danau Sunter, Sudin Kehutanan Tanam Ratusan Pohon Tabebuya Pink

Penanaman Pohon Tabebuya Pink di Danau Sunter. (Foto: eko/Dekan)

Jakarta, Dekannews- Suku Dinas (Sudin) Kehutanan Jakarta Utara, Jum’at (26/7/2019), menanam  ratusan pohon tabebuya pink sebagai upaya mengurangi pencemaran udara dan mempercantik kawasan Danau Sunter Selatan Sisi Barat. 

Kepala Suku Dinas Kehutanan Jakarta Utara, Putut Widya Martata, mengatakan, pohon tabebuya pink dipilih lantaran bunga yang dihasilkan menyerupai tanaman khas negeri Matahari Terbit; sakura, sehingga lokasi tersebut nantinya akan menjadi lebih cantik dibandingkan sebelumnya.

"Pohon ini kalau sudah berbunga seperti bunga sakura. Makanya, kita tanam pohon ini agar tumbuh dan berbunga  berwarna pink yang nantinya akan mempercantik Kawasan Danau Sunter,” katanya. 

Ia menyebut,  pada tahap pertama ditanam sebanyak 200 pohon,  dan rencananya total pohon jenis ini yang akan ditanam 500 batang. 

Terkait upaya mengurangi polusi udara, Putut menerangkan kalau penanaman pohon-pohon ini akan dilakukan di sejumlah lokasi strategis,  baik di jalan protokol maupun danau dan waduk. 

“Kami sudah mengusulkan untuk kembali melakukan penghijauan di sepanjang Jalan Yos Sudarso dan Waduk Cincin, Papanggo. Tentunya kami harapkan juga peran masyarakat untuk turut menjaga pohon yang kami tanam," pungkasnya (eko)