Pemkot Jakut Salurkan 22 Sapi dan 122 Kambing untuk Kurban

Petugas memeriksa kesehatan hewan kurban. (Foto: eko/Dekan)

Jakarta, Dekannews- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara, Jumat (9/8/2019), membagikan 22 ekor sapi  dan 122 ekor kambing kepada pengurus masjid, mushollah dan majelis ta'lim di wilayahnya untuk dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha 1440 H, Minggu (11/8/2019). 

Wakil Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan, pemberian hewan kurban ini didasari kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu. 

"Tapi berbeda dengan tahun lalu, tahun ini kami tidak membagikan kupon, karena yang kami bahikan hewan kurban yang masih hidup yang kami berikan kepada para pengurus masjid, mushola, dan majelis ta'lim di enam kecamatan di Jakarta Utara," katanya. 

Ia mengimbau kepada para pengurus tersebut agar setelah hewan kurban disembeli, tidak dibagikan dengan menggunakan kantong pelastik sekali pakai, melainkan dengan besek bambu dan para penerima daging hewan kurban hendaknya membawa wadah sendiri dari rumah. 

“Hindari penggunaan kantong pelastik dalam proses penyembelihan hewan kurban sampai pendistribusiannya. Ini dilakukan sebagai komitmen kita bersama-sama mengurangi sampah pelastik di Jakarta Utara," tegasnya. 

Ia juga mengingatkan agar saat proses penyembelihan hendaknya semua dalam keadaan bersih dan streril, dan darah dari hewan yang dikurbankan hendaknya dikubur. Bila mengenai tangan, sebaiknya cepat-cepat dicuci dengan sabun. 

"Ini penting agar petugas penyembelihan hewan kurban tetap sehat dan limbah hewan kurban tidak mencemari lingkungan," pungkasnya. (eko)