Mungkinkah Plt Sekwan Diperpanjang Lagi?

Plt Sekwan DPRD DKI Jakarta Hadameon Aritonang bersama Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi. [Ist]

Jakarta, Dekannews - DPRD DKI Jakarta memiliki dua agenda strategis, membahas dan mendalami Laporan Keterangan Pertangung-jawaban (LKPJ)  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Tahun Anggaran (TA) dan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas APBD tahun yang sama.

Terkait hal strategis tersebut, dipastikan konsentrasi Gubernur Anies dan Ketua DPRD DKI Prasetio Edy Marsudi, tercurah pada pembahasan dan pendalaman LKPJ dan LHP BPK. Menilik agenda strategis tersebut, mungkinkah Hadameon Aritonang diperpajang lagi? Mengingat pergantian Plt Sekwan juga merupakan hal strategis lainnya.

"Bisa saja posisi Plt Sekwan DPRD DKI Jakarta diperpajang lagi. Gubernur memiliki hak diskresi," ungkap Pengamat Kebijakan Publik Amir Hamzah menjawab dekannews, Kamis (22/4/2021), di Jakarta.

Menurut Amir, menilik dua agenda strategis tersebut, dibutuhkan pejabat yang mampu menjembatani komunikasi antara eksekutif dan legislatif. "Sejauh ini Plt Sekwan DPRD DKI mampu melakukan hal tersebut," kata Amir.

 
"Pertanyaannya, apakah Gubernur DKI akan menggunakan hak diskresinya dalam hal perpanjangan Plt Sekwan, walaupun misalnya ada dukungan dari TGUPP dan pertimbangan Ketua DPRD DKI?" pungkas Amir. 

Untuk diketahui, sepekan kedepan, posisi Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD DKI Jakarta akan ditinggalkan Hadameon Aritonang. Mengingat per awal Mei, Hadameon Aritonang memasuki masa pensiun. (Kir)