Mulai Oktober, Bamus Betawi Selenggarakan Gerakan Sholat Subuh Berjamaah

Munir Arsyad. (Foto: Dekan)

Jakarta, Dekannews- Badan Musyawarah Masyarakat (Bamus) Betawi mulai Oktober 2019 akan menyelenggarakan Gerakan Sholat Subuh Berjamaah.

Gerakan ini digagas tokoh Betawi Munir Arsyad dan dikerjasamakan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Ketua Umum Bamus Betawi Haji Lulung (Abraham Lunggana, red) sudah setuju, dan juga sudah dikoordinasikan dengan Bakesbangpol (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik)," kata Munir kepada dekannews.com di Balaikota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (5/8/2019).

Pimpinan umum Yayasan Perguruan Islam (YPI) As Sa'adah ini menjelaskan, gerakan ini digagas karena dirinya khawatir melihat situasi negara saat ini yang kurang kondusif, khususnya di Papua, dan tak ingin situasi seperti itu juga terjadi di Jakarta.

"Karena itu saya gagas Gerakan Sholat Subuh Berjamaah agar Ibukota ini, juga Indonesia, menjadi wilayah yang penuh keberkahan, kedamaian, kenyamanan dan dijauhkan dari segala bentuk pertikaian," katanya.

Munir juga beranggapan, jika jamaah sholat subuh telah melebihi jamaah sholat Jumat, maka berarti negara ini bukan hanya telah menjadi negara yang berkah, namun insya Allah juga telah menjadi negara yang makmur.

"Gerakan Sholat Subuh Berjamaah Bersama Gubernur ini akan dimulai pada Jumat pertama bulan Oktober 2019, dan diselenggarakan sekali dalam sebulan," imbuh Munir.

Setiap kali diselenggarakan, Gerakan Sholat Subuh Berjamaah Bersama Gubernur diadakan di masjid yang berbeda di lima wilayah kota administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Warga di sekitar masjid tempat acara diselenggarakan, dipersilakan bergabung.

"Mari sukseskan gerakan ini agar Jakarta dan Indonesia menjadi wilayah yang berkah," pungkas Munir. (rhm)