Minus Liliyana Natsir, 236 Pebulutangkis Berlaga di Indonesia Open 2019

Ilustrasi. (Foto: Int)

Jakarta, Dekannews- Sebanyak 236 pebulutangkis dari 20 negara dipastikan menjadi peserta turnamen bergengsi Indonesia Open 2019 yang dimulai hari ini, Selasa (16/7/2019), hingga Minggu (21/7/2019) di Stadion Istora Senayan, Jakarta.

Pasangan peringkat pertama dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dipastikan ikut bertanding. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Susy Susanti pun menaruh harapan terhadap atlet kebanggan Indonesia. 

"Harapannya jelas ingin mengulang sukses Indonesia Open 2018, dengan merebut dua gelar yaitu nomor ganda putra oleh Kevin/Marcus dan nomor ganda campuran oleh pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir," ungkapnya.

Memang, Indonesia merupakan juara bertahan sektor ganda campuran Indonesia Open lewat pasangan Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad tahun lalu. Namun, selepas Liliyana pensiun, praktis ganda campuran nomor 1 dunia saat ini dipegang oleh pasangan asal China Zheng Siwei/Huang Ya Qiong. 

"Kita tahu peringkat 1 dunia untuk ganda campuran adalah Zhang Siwei/Huang Ya Qiong, mereka yang paling kuat dan stabil untuk saat ini," kata Sekjen PBSI Achmad Budiharto.

Budiharto menjelaskan, pada sektor ganda campuran, Indonesia akan bertumpu pada Praveen Jordan/Melati Daeva Oktaviani (unggulan ketujuh) dan Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja (unggulan keenam) untuk Sementara Tontowi Ahmad akan berpasangan dengan Winny Oktavina Kandow.

"Kami tidak ingin memberi beban kepada mereka. Yang kami lakukan adalah mempersiapkan mereka sebaik mungkin, memberi kesempatan dan setelah itu semoga kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh mereka," paparnya. (yud)