Menhub Launching Jaketbus, Masyarakat Kini Dapat Pesan Tiket Bus secara Online

Menhub Budi Karya Sumadi melakukan launching aplikasi Jaketbus. (Dok: Humas DKI)

Jakarta, Dekannews- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kamis (31/12/2020), secara simbolis melakukan Grand Launching Aplikasi Jakarta Electronic Ticketing Bus (Jaketbus) di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Jaket Bus adalah layanan elektronik berbasis aplikasi yang bisa diakses serta diunduh melalui Google Play dan Apps Store. Dengan aplikasi ini, masyarakat dapat membeli tiket bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP)  secara daring (online) menggunakan telepon seluler (ponsel).

"Kemudahan yang diberikan melalui layanan elektronik ini diharapkan bisa menghemat waktu dan biaya masyarakat dalam memesan tiket perjalanan ke destinasi tujuan," kata Menhub. 

Ia berharap seluruh masyarakat, terutama Organda, dapat menyosialisasikan aplikasi Jaketbus, karena layanan aplikasi ink mencakup seluruh rute angkutan darat di Indonesia, tidak terfokus di Jabodetabek saja. 

"Khusus di  Jakarta, sebelumnya sudah ada Jak Lingko untuk mengintegrasikan seluruh moda transportasi umum di tingkat dalam wilayah. Sekarang dengan Jaketbus bisa dibayangkan bagaimana kemajuan layanan transportasi bisa kita banggakan," imbuh Menhub. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Ariza Patria yang hadir untuk mewakili Gubernur Anies Baswedan, mengatakan, aplikasi Jaket Bus akan sangat membantu masyarakat dengan kemudahan yang dihadirkan lewat layanan transaksi tiket transportasi secara elektronik saat hendak berpergian keluar daerah. 

Terobosan ini, menurutnya, juga dinilai mampu mengubah kebiasaan calon penumpang untuk menggunakan transaksi dari tunai menjadi non-tunai, serta dapat meminimalisir aktivitas calo tiket maupun pungli yang selama ini meresahkan pengelola transportasi maupun penumpang.

"Kita berharap kemajuan teknologi ini melahirkan terobosan baru dengan bisa memudahkan masyarakat untuk layanan pada sektor transportasi. Kami sejauh ini terus mendukung pemerintahan pusat dalam memajukan layanan transportasi agar terus bersinergi dengan baik," katanya. 

Aplikasi Jaketbus merupakan proyek percontohan yang dilaksanakan di Terminal Terpadu Pulo Gebang, sejalan dengan Instruksi Menteri Perhubungan Nomor 11 Tahun 2017 tentang Sistem Penjualan Tiket Angkutan Penumpang Umum Antar Kota secara Elektronik yang mengamanatkan penjualan tiket secara elektronik di Terminal Terpadu Pulo Gebang sebagai percontohan. Kedepannya diharapkan, agar sistem ini dapat diterapkan di terminal-terminal lain. (rhm)