Mau Lolos Seleksi CPNS? Ini Arahan Kepala BKN

Seleksi CPNS di BKN Pusat. (Foto: Yudi K/Dekan)

Jakarta, Dekannews- Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan bahwa seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bakal digelar pada Oktober 2019.

Total kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) secara nasional sebanyak 254.173 orang.

Kepala BKN yang juga bertindak sebagai Ketua Pelaksana Panitia Seleksi ASN Nasional (Panselnas),  Bima Haria Wibisana, mengimbau para peserta agar memeriksa kembali kelengkapan dokumen pribadi.

"Ada sejumlah kendala yang dialami pelamar pada CPNS tahun 2018, di antaranya database kependudukan yang tidak update, terutama kesulitan pelamar melakukan update Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) daerah dan pusat," katanya melalui siaran pers yang diterima Dekannews.com, Rabu (31/7/2019).

Selain itu, ijazah sejumlah pelamar tidak sesuai kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan, KTP yang diunggah pelamar tidak jelas/bukan KTP asli, dan sejumlah dokumen pendukung yang dilampirkan tidak lengkap.

"Beberapa permasalahan ini yang menjadikan peserta tidak memenuhi syarat administrasi," tegasnya. 

Kasubag Hubungan Media dan Antar Lembaga Humas BKN Pusat, Diah Eka Palupi, mengatakan, ketika menghadapi seleksi nanti peserta harus percaya diri dan yakin terhadap diri sendiri.

"Belajar dan berdoa, kunci sukses pada seleksi nanti," imbuhnya. (yud)