Liverpool Juarai Liga Champions Musim 2018/2019

Mohammad Salah. (Foto: Goal)

Madrid, Dekannews- Livepool memastikan diri menjadi juara Liga Champion musim 2018/2019 setelah dalam babak final yang digelar di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, Minggu (2/6/2019) dini hari WIB, menundukkan Tottenham Hotspur dengan skor telak 2-0.

Kedua gol The Reds dicetak Mohamed Salah pada menit ke-2, dan D Origi pada menit ke-87.

Sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan, Liverpool langsung mengambil inisiatif menyerang.

Kesemoatan emas langsung datang saat laga baru berjalan 30 detik, ketika Sadio Mane yang hendak mengumpan ke tengah gawang, tanpa sengaja menyentuh lengan Sissoko yang berada di kotak penalti. 

Tanpa ragu, wasit memutuskan kejadian itu sebagai handsball, dan Liverpool memberikan kepercayaan kepada Salah untuk menjadi algojo.

Salah menjalani tugas dengan sempurna. The Reds unggul 1-0.

Mantan pemain Tottenham, Jamie O'Hara mengatakan kepada Sky Sports News bahwa tangan Sissoko yang melayang di udara bermaksud untuk mengarahkan pemain yang ada di belakangnya. 

"Saya rasa Sissoko mencoba untuk memberitahu Trippier untuk menjaga seseorang yang lari di belakangnya. Dan dengan aturan baru bahwa jika tanganmu mengangkat dan terkena bola, maka penalti," katanya.

Pada menit ke-8 Sissoko berusaha membayar kesalahannya. Dari jarak yang cukup jauh ia mencoba untuk melakukan tendangan langsung, namun sayang masih jauh dari jangkauan kiper Liverpool Alisson Becker.

Liverpool kembali mendapat kesempatan emas saat Alexander-Arnold mencoba memberikan tekanan, namun tendangan langsung yang dilepaskan masih bisa diamankan oleh Lloris.

Berkali-kali Liverpool mendapat kesempatan melalui umpan dari tendangan penjuru. Beruntung, kiper Spurs Hugo Lloris dengan tangguh masih sanggup bertahan dan mengamankan bola. 

"Anda bisa lihat apa yang telah dipersiapkan kedua tim untuk laga ini. Liverpool menatap kepada Lloris dan menerka apakah ada yang disembunyikan," kata Jamie lagi kepada Sky Sports.

Lloris lagi-lagi sukses menyelamatkan gawangnya saat Andy Robertson mencoba memberikan tendangan langsung setelah menggiring bola dari tengah lapangan. Tendangan tersebut mengarah tepat ke sisi atas gawang Lloris. Sang kiper Spurs pun menepisnya dengan baik.

Babak pertama berakhir dengan skor tetap 1-0 untuk Liverpool.

Di babak kedua, Spurs berusaha mengejar ketertinggalan, namun alih-alih mencetak gol, Spurs justru kebobolan lagi.

Berawal dari tendangan penjuru yang disambut sepakan keras oleh Virgil van Dijk, tetapi dapat diblok oleh barisan belakang Spurs.

Bola kemudian dikuasai Matip, dan disodorka kepada Divock Origi. Di ruang kosong, Origi menghujam bola datar ke arah gawang Spurs dan tak mampu diantisipasi Lloris.

Skors berubah 2-0 untuk Liverpool dan bertahan hingga akhir laga.

Kemenangan ini merupakan yang pertama bagi Luverpool di ajang Liga Champion sejak 14 tahun lalu. (Man)