Lepas Atlet DKI ke SEA Games, Anies Berikan 6 Wejangan

Gubernur Anies Baswedan melepas atlet DKI yang akan berlaga di SEA Games Manila. (Foto: Dekan)

Jakarta, Dekannews- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Jumat (29/11/2019), melepas atlet DKI Jakarta yang berlaga di SEA Games ke-30 di Manila, Filipina, pada 30 November - 11 Desember 2019

Ketua KONI DKI Jakarta Djamhuron P Wibowo dalam laporannya kepada Anies mengatakan, atlet yang dikirim sebanyak 174 orang atau 20,7% dari total atlet  yang dikirim pemerintah Indonesia ke Filipina. Sementara tim official yang dikirim sebanyak 161 orang. 

"Para atlet akan bertanding di 47 dari 57 cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games," katanya. 

Anies berterima kasih kepada para atlet yang akan berjuang mengharumkan nama Indonesia dan Jakarta di ajang kompetisi negara-negara di Asia Tenggara itu, dan mengapresiasi persiapan yang telah mereka lakukan selama berbulan-bulan. 

"Sekarang saatnya kalian menunjukkan hasil maksimal dari persiapan tersebut. Saya berharap ketika nanti kalian kembali, kalian datang dengan kalungan medali di dada, dan selama berlaga di Filipina, kalian dapat memperdengarkan lagu Indonesia dengan kalian berdiri di podium untuk menerima medali," katanya. 

Meski demikian, Anies memberikan enam wejangan kepada para atlet untuk begaimana sebaiknya berperilaku selama berada di negara orang, karena pakaian yang mereka kenakan, yang terdiri dari warna merah dan putih, mencerminkan ke-Indonesia-an. 

Berikut keenam wejangan Anies:
1. Jaga nama baik Indonesia dengan kata-kata, perbuatan dan sikap yang 100% wakili indonesia, yakni tertib dan disiplin. 

2. Mampu mengendalikan sumber daya yang dimiliki, baik fisik, mental dan instrumen, untuk mencapai hasil yang maksimal, sehingga saat latihan, harus latihan dengan sungguh-sungguh; saat istirahat harus istirahat dengan baik; dan saat makan, ya makan. 

"Keberhasilan tidak semata-mata oleh bakat, tapi juga persiapan dan eksekusi," katanya. 

3. Fokus, dimana selama di Manila tak ada kegiatan lain selain fokus pada pertandingan yang harus dijalani hingga selesai. 

"Orang yang fokus akan punya kemampuan untuk mengumpulkan sumber daya dan energi untuk apa yang akan dia kerjakan. Raih prestasi yang tinggi dengan fokus," katanya. 

4. Jangan menutup diri dan berinteraksi dengan atlet dari negara lain. Tunjukkan bahwa atlet Indonesia bergaul dengan semua bangsa, dan berikan kesan positif. 

5. Bersikap profesional dan matang dengan tidak mengumbar kekurangan Filipina sebagai tuan rumah. Jika ada keluhan terkait pelayanan dan akomodasi, disampaikan melalui saluran yang benar, seperti melalui Tim Official. 

"Mempersiapkan SEA Games tidak sederhana. Meski sudah melakukan persiapan maksimal, belum tentu sesuai harapan. Tunjukan sikap matang, jangan jadi "pendongeng"," kata Anies. 

6. Atlet harus ngotot demi meraih prestasi terbaik, yakni mendapatkan medali. 

"Dengan mengucapkan bissmillahirohmanirrohim,  atlet dan pelatih yg akan berangkat ke SEA Games ke-30 secara resmi dinyatakan diberangkatkan," kata Anies menutup wejangannya. 

Menanggapi keenam wejangan tersebut, Djamhuron menilainya sangat positif. 

"Itu amanat yang sangat bagus, yang dapat menjadi pegangan bagi atlet-atlet kita selama mengikuti SEA Games," katanya. 

Meski demikian Ketua Umum KONI DKI Jakarta ini mengatakan, pihaknya tidak membebankan atletnya dengan target raihan medali, namun keikutsertaan mereka pada turnamen ini akan menjadi parameter keberhasilan di PON XX Papua tahun depan. 

"Karena itu yang kami pesankan kepada mereka adalah lakukan yang terbaik dan optimal, yakni meraih medali emas. Apalagi karena pemerintah Indonesia menargetkan meraih posisi runner up di SEA Games," katanya. 

Cabang olahraga yang diandalkan Jakarta untuk meraih medali SEA Games di antaranya karate,  panahan dan anggar. (rhm)