Kunci Sukses Yayan Ruhian Tembus Hollywood

Yayan Ruhian (kiri) dalam film Beyond Skyline. (Foto: Int)

Jakarta, Dekannews- Kita patut berbangga, karena meski suara-suara miring masih mewarnai industri perfilman Tanah Air, namun sejumlah pelaku industri ini justru telah mampu menembus industri film dunia. 

Mari kita sebut nama-nama seperti Iko Uwais, Joe Taslim, Cecep Arif Rahman, dan tentunya Yayan Ruhian. 

Nama yang terakhir itu telah membintangi beberapa judul film Hollywood, antara lain "Star Wars: The Force Awakens", "Beyond Skyline" dan "John Wick: Chapter 3 - Parabellum". 

Di Tanah Air, Yayan naik daun berkat film "The Raid" dan "Hit and Run". 

Aktor laga asal Tasikmalaya ini mengakui, tidak ada proses instan untuk mencapai sukses, karena kunci sukses adalah kerja keras dan disiplin.

"Sesuatu itu jarang bisa didapatkan dengan proses instan. Kita jangan melihat kesuksesan orang lain tanpa melihat proses yang dijalani orang tersebut, karena semua pasti ada prosesnya. Sama seperti kita lihat seorang juara yang terlibat di pertarungan," katanya seperti dikutip dari Antara, Minggu (25/8/2019). 

Ia menjelaskan, dalam proses mengejar kesuksesan, sifat ambisius harus dikesampingkan, walaupun ada target yang ingin dicapai.

"Kita harus melihat itu juga dalam proses pencapaian karir. Masalah berapa lama prosesnya, saya rasa itu relatif ya, karena ada yang prosesnya tidak lama, tapi ada yang perlu waktu cukup lama," jelas dia. 

Yayan mengingatkan bahwa setiap proses harus ada target, dan saat mencapai target itu seseorang kadangkala menemui kegagalan. 

Namun kegagalan itu, menurut dia, adalah cara Tuhan untuk mengingatkan bahwa yang kita kejar itu bukan yang terbaik untuk kita. 

Yayan sangat bersyukur karena karakter bertarungnya yang unik, ia dapat berperan di beberapa film Hollywood dengan tanpa melalui proses pemilihan pemain alias casting

"Keterlibatan Iko Uwais, Joe Taslim, Kang Cecep dan saya sendiri, rata-rata mereka menghubungi kami karena karakter yang mereka butuhkan tanpa casting. Ya, alhamdullilah, kita kan ada basic tentang pencak silat yang merupakan salah satu budaya Indonesia, sehingga mungkin dianggap ada karakter yang beda dengan yang lain," ujar Yayan.

Meski demikian pria berambut gondrong itu menilai, untuk bisa menembus dunia film internasional, perlu membangun jaringan dengan manajemen yang berada di luar negeri.

"Semakin banyak network yang kita bangun akan semakin bagus dan kesempatan semakin terbuka, karena kita tidak akan tahu siapa nanti yang akan memperkenalkan kita. Pastinya network itu sangat perlu," jelas aktor yang juga bermain dalam film "Merantau" itu. (man)